Ide Peluang Kerja Sampingan atau Utama di Indonesia dari Rumah 2020

Ide Peluang Kerja Sampingan atau Utama di Indonesia dari Rumah 2020

1. Membuka Catering/Rantangan.

Bagi kamu yang punya rumah tapi tidak di pinggir jalan raya, kamu masih bisa membuat usaha kuliner tanpa harus memiliki rumah/tempat tinggal di pinggir jalan raya. 

Dengan modal yang relatif murah, kamu sudah bisa membuka usaha rantangan, dan pemasarannya cukup mudah, apalagi dijaman serba digital ini, yang kamu harus perhatikan hanyalah  kualitas masakan mu dan variasi menu yang ditawarkan (yang paling utama itu kualitas masakan). 

Tips pemasarannya bisa di cek di sini 4 Tips Jitu Cara Pemasaran Usaha Catering/Rantangan.

2. Buat Kerajinan Tangan

Punya hobi kayu, Pottery, atau yang lain? Nah kamu bisa coba memulai usaha kerajinan tangan kamu. Di Indonesia sendiri usaha kerajinan tangan sudah mencapai nilai Ekspor sebesar $1,2 Miliar per tahun 2019 (Sekitar Rp.16,8 Triliun). Bayangkan kalau kamu bisa mendapatkan pangsa pasar 0.0001% (Ya jumlah nol nya 3 dibelakang koma), kamu bisa mendapatkan omset Rp. 1,6 Miliar pertahun, biasanya untuk kerajinan tangan bisa mendapatkan profit margin dari 30% hingga 500% atau bahkan lebih, silahkan hitung sendiri keuntungan bersihnya. Yang terpenting, kamu menjadi salah satu pahlawan perekonomian Negara kita :). 

Cek Tips pemasaran kerajinan tangan di sini : 5 Tips dan Cara Ampuh Memasarkan Hasil Kerajinan Tangan

3. Mulai blog (Wordpress, Blogspot, dll)

Blogging berbagi pikiran, ide, dan keyakinan yang kita semua pikirkan dalam otak kita yang sibuk, tetapi terlalu takut untuk mengatakannya dengan keras atau di depan orang lain. 

Untuk memulai jadi blogger itu sendiri pun hanya perlu modal koneksi internet dan sebuah PC/Laptop. Kamu bisa mendapatkan blog  gratis kamu di Wordpress maupun Blogspot. Setelah blog kamu cukup menarik perhatian orang, google adsense adalah cara kamu untuk bisa menghasilkan uang dari blog kamu. 

Bahkan hanya masih memakai wordpress/blogspot, kamu bisa memasang google adsense selama konten yang kamu publish tidak menyalahi peraturan dari mereka. 

Kamu juga bisa membuka slot iklan tanpa harus memakai google adsense dengan mematok tarif tersendiri.

4. Buat Konten di Youtube

Karir di Youtube ini sendiri pasti kamu semua sudah pada tau ya, kalau pendapatan menjadi Youtuber yang sukses itu bukan main-main loh. 

Kita ambil contoh Youtuber di dalam negeri seperti Atta Halilintar, dll. Di estimasi pendapatan video yang diunggah ke Youtube per 1000 view bisa mencapai 1$-5$ tergantung panjang video yang kamu buat. Biasanya sih kalau yang 10 Menitan bisa 2$-4$ loh per 1000 view. 

Coba kalian lihat Atta Halilintar. Dia bisa menghasilkan lebih dari 1 Million view (1 Juta view) per video yang dia buat, dan rata-rata menit video yang dia buat tentunya diatas 10 menit. Kemungkinan dia bisa menghasilkan 1000$-4000$ sehari sekali hanya dengan membuat konten Trolling, Prank, Giveaway. dll. 

Tunggu apalagi? Ayo mulai merekam dan buat konten-konten yang menarik.

5. Survey Online

Ini pas banget buat kamu yang nyari tambahan hingga 30$ (Rp.430rb-an - Kurs tanggal 17 Juli 2020) perbulan cuma dengan mengisi kuesioner (biasanya 5-20 menit untuk mengisi satu kuesioner), survey online adalah jawaban yang tepat buat kamu. 

Kamu bisa mengisi survey tentang produk sebuah perusahaan sambil tiduran, nonton tv, download sesuatu, ngopi, dll.

Ini situs survey yang biasa membayar tinggi bagi para responden dan tersedia untuk pengguna di Indonesia :

     Swagbucks

     ySense

    Timebucks


6. Tes Situs Web

Pernah mengunjungi situs web dan Anda berpikir tentang seberapa buruk atau betapa hebatnya itu? Sekarang Anda dapat dibayar untuk membagikan pemikiran Anda.

Cukup buka situs web, rekam pendapat anda tentang website tadi, dan dapatkan bayaran. Pemilik situs web yang masih baru atau yang diperbarui memberikan kompensasi kepada Anda untuk menguji situs mereka.

Anda dibayar $5 hingga $ 30 melalui PayPal untuk setiap 20 menit video yang Anda selesaikan.
Saat Anda mengunjungi situs web, layar Anda akan direkam serta suara Anda. Klien mereka termasuk Apple, Microsoft, Adobe, dan perusahaan-perusahaan Fortune 500 lainnya. Daftar situs yang menerima Web/Apps Tester baru : 

7. Menjadi freelancer atau penulis lepas

Melakukan pekerjaan lepas dapat meningkatkan penghasilan Anda.Terlepas apakah Anda ibu rumah tangga, mahasiswa/mahasiswi, siswa SD, SMP, SMA dan siapapun bisa membuat blog, yang Anda perlukan hanya Laptop/PC, Internet, segelas kopi hangat (opsional), dan kemauan untuk memulai blog (yang dimana hanya sebagian kecil memilikinya) dah itu saja.

Loh kok cuma itu aja? Keterampilan menulis/mengemukakan pendapat gimana?

Biasanya, keterampilan itu muncul sendiri apabila kita seiring waktu disaat kita terus fokus belajar dalam mengerjakan sesuatu.

Situs besar dan tepercaya seperti Upwork, Indeed, Fastwork.id, LinkedIn,dll, memiliki ribuan perusahaan yang ingin merekrut untuk semua jenis tugas di mana Anda dapat menulis atau mengedit apa pun mulai dari teknologi hingga artikel bisnis. 

Dapatkan bayaran untuk setiap artikel. Dapatkan reputasi luar biasa dan Anda bisa mengubahnya menjadi pekerjaan penuh waktu. 

Kalau sudah expert, gajinya puluhan juta loh sebulan, ya memang cukup lama prosesnya, makanya Saya sarankan sementara jadikan kerja paruh waktu.

8. Jual Foto Hasil Jepretan Kamu

Kamu punya kamera SLR? Ngga gan.

Waduh ngga punya? Tapi punya ngga hp berkamera yang cukup bagus? Punya sih gan.

Kalau kamu punya HP Smartphone yang dengan kamera yang cukup bagus alias bersih, nah kamu udah bisa mulai jadi fotografer dadakan yang dimana foto kamu bisa mulai menghasilkan uang dengan mudah, cukup dengan mengupload foto yang menurut kamu BERESTETIKA dibeberapa situs yang membayar kamu setiap kali foto kamu diunggah, atau bahkan di beli (lisensinya). 

Berikut daftar situs yang bisa membayar kamu, setiap kali foto kamu diunggah atau dibeli :

Shutterstock

Fotolia (Adobe Stock)

Dreamstime

Getty Images

iStockPhoto

Stocksy

Crestock


9. Menjadi influencer di Instagram

Perusahaan menggunakan influencer di Instagram dengan pengikut yang banyak dan mampu memasarkan produk mereka. 

Anda bisa mencoba menawarkan diri Anda (apabila kamu memiliki follower yang cukup banyak, biasanya 10Rb followers keatas) dengan mengajukan peluang melalui platform pemasaran seperti Open Influence atau FameBit, atau dengan menghubungi merek yang ingin Anda ajak bekerja sama, atau juga bisa dengan menambahkan informasi “Business Inquiries” di bio Anda dan memasukkan kontak untuk kerjasama.

10. Monetisasi saluran Twitch atau Facebook Gaming Anda

Bermain game bisa menjadi pertunjukan sampingan yang menguntungkan setelah Anda membangun pengikut yang setia di Twitch dan Facebook Gaming. 

Streamer dapat menerima sumbangan dari pemirsa dan bahkan mendapatkan bagian dari langganan dan pendapatan iklan jika mereka mencapai status Sponsor ataupun Mitra, dan untuk Facebook Gaming, kreator akan mendapatkan US$0,01 untuk setiap Star dan bisa dicairkan bila sudah terkumpul 100.000 Stars atau US$100.

11. Mendesain Kaligrafi, Text Quote, dsb.

Bagi kamu yang hobi Digital Designing, kamu bisa mengupload hasil kerja kamu (Entah itu di Photoshop maupun  CORELDraw), dan situs uploadnya sama dengan situs untuk upload fotografi diatas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url