Jenis-Jenis Karakter Suara Kayu Pada Body Gitar

Jenis-Jenis Karakter Suara Kayu Pada Body Gitar

Jenis-jenis kayu di dunia ini memang sangatlah banyak, tapi tahukah Anda hanya sedikit yang dapat dijadikan bahan bodi pada gitar? Dari ratusan jenis dan spesies dan verietas pohon yang menghasilkan kayu, kami akan membahas tentang kayu terbaik yang dipercaya memiliki karakteristik sebagai "Tonewood" pada gitar.

Perlu diperhatikan bahwa peringkat yang kami berikan bukan berarti kayu tersebut adalah kayu terbaik sebagai bahan bodi gitar, tapi kayu tersebut kayu yang memang memiliki Kelas Keras dan Awet kayu yang paling baik dan juga bahan kayu yang paling sering dipilih oleh gitaris professional.


Photo by Jessica Lewis from Pexels

Ini adalah contoh serat kayu Spruce


1. Maple


Karakteristik : Warm (Mid-Bass sangat menonjol)

Sustain : Panjang, tapi apabila dipadukan dengan bahan lainnya, bisa memendekkan sustainnya, tapi tetap mempertahankan karakteristiknya.

Keras dan Awet? : Sangat keras dan biasanya awet, apabila body memiliki tebal 5mm, maka gitar dengan bahan maple biasanya paling tahan benturan (tetap jangan dibanting ya).

Kelebihan : Biasanya Kuat dan Awet, kalau menurut musisi papan atas, Maple adalah Tonewood terbaik.

Kelemahan : Mahal, dan apabila di cat dengan finishing multiple coating high gloss atau bahkan diberi warna, akan mempengaruhi sustain dan karakteristik alaminya.

Sangat disarankan mencari gitar yang memiliki finishing doff untuk bahan kayu Maple, atau cari yang tidak menggunakan multiple coating high gloss.

2. Spruce


Karakteristik : Bright (Treble sangat menonjol)

Sustain : Menengah

Keras dan Awet? : Apabila kayu mendapatkan treatment yang baik (biasanya di jemur atau disimpan dalam gudang hingga mencapai kadar air tertentu), Spruce bisa hampir mengejar kualitas awet dan keras maple hingga 90% dari kualitas Maple.

Kelebihan : Masih mempertahankan karakteristik suaranya meskipun di warnai dan juga menggunakan multiple coating high gloss. Tidak semahal gitar dengan bahan kayu Maple. Gitar dengan harga 1jt an juga banyak yang menggunakan Spruce, walaupun bukan merk terkenal.

Kelemahan : Kalau menurut kami, gitar dengan bahan kayu Spruce secara keseluruhan hampir tidak memiliki kelemahan, karena mau sekeras apapun bahan gitar, kalau tidak kita jaga dengan baik pasti bisa rusak juga.


3. Rosewood/Sonokeling


Karakteristik : Semi Bright (Mid cukup menonjol)

Sustain : Menengah menuju panjang

Keras dan Awet? : Secara rating, berkisar 90% dari kualitas Spruce

Kelebihan : Corak alami yang paling indah, ini adalah kayu pilihan kami bagi kalian yang suka dengan gitar yang natural bercorak paling indah tapi berwarna gelap.

Kekurangan : Apabila kalian orang yang tidak bisa jaga barang, setiap goresan akan sangat terlihat akibat keteledoran Anda.


4. Ebony


Karakteristik : Hampir sama seperti Maple

Sustain : Menengah

Keras dan Awet? : Sama seperti Maple

Kelebihan : Sama seperti Maple, walaupun jarang menjadi preferensi musisi, mungkin dikarenakan sustainnya yang kurang panjang.

Kekurangan : Tidak bisa diwarnai, karena warna kayu ini adalah hitam.


5. Mahogany/Mahoni (Bukan merk gitar)


Karakteristik : Mid (Bass cukup menonjol, treble dan mid pada level rata-rata).

Sustain : Menengah

Keras dan Awet? : Lebih keras dan awet dari pada Rosewood

Kelebihan : Murah, tidak percaya? Coba cari kayu mahoni di toko material terdekat Anda. Kenapa ada gitar berbahan mahoni ada yang mahal? Satu kata : Branding. Kayu mampu mempertahankan karakteristik suaranya walaupun diberi warna.

Kelemahan : Tidak memiliki corak yang menonjol, sehingga finishing natural sangat tidak disarankan.


6. Basswood (Kayu Saru)


Karakteristik : Sesuai dengan namanya, tapi mid kurang menonjol, dan treble cukup menonjol.

Sustain : Panjang

Keras dan Awet? : Hampir mirip dengan Mahoni

Kelebihan : Mirip dengan Spruce

Kekurangan : Sama dengan Mahoni


7. Nato/Sapele


Karakteristik : Treble sangat menonjol, sampai melupakan mid dan bassnya.

Sustain : Cukup Panjang

Keras dan Awet? : Mirip dengan Spruce.

Kelebihan : Serat kayu yang unik, mirip seperti kayu meranti tapi bedanya serat Kayu Nato lebih besar dan lebih cantik.

Kekurangan : Treble sangat menonjol, sampai melupakan mid dan bassnya (bukan salah ketik loh ya, emang ini kelemahannya kalau menurut kami)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url