Pelanggan Kurang Loyal? Coba Program Loyalitas Pelanggan Seperti Ini


Pelanggan Kurang Loyal? Coba Program Loyalitas Pelanggan Seperti Ini


Ada banyak cara oleh perusahaan agar konsumen mereka tetap loyal di tengah ketatnya persaingan diantara perusahaan-perusahaan yang bergereak di bidang yang sama. Salah satu cara perusahaan yang terbukti mampu meningkatkan kesetiaan pelanggan adalah dengan Program Loyalitas Pelanggan (Consumers Loyality Program).

Apa itu program loyalitas pelanggan? Program Loyalitas Pelanggan adalah suatu sistem yang dibuat oleh perusahaan untuk menciptakan rasa loyalitas pelanggan dengan cara memberikan hadiah bagi para konsumen yang sering melakukan pembelian produk dari perusahaan tersebut.

Berikut beberapa cara yang biasa diterapkan oleh perusahaan besar dalam mengikat pelanggan agar setia kepada produk perusaaan mereka.

1. Pencapaian Jumlah Pembelian (Puchasing Milestone)

Dengan program Purchasing Milestone, pelanggan akan diberikan suatu hadiah apabila mereka tetap kembali dalam beberapa waktu untuk melakukan pembelian. Singkatnya apabila pelanggan sudah mencapai batas pembelian tertentu, maka mereka bisa menukarkan pencapaian mereka dengan suatu hadiah.

2. Bonus Pembelian Banyak (Bonus for Bulk Purchasing)

Siapa sangka kalau ada pembeli yang membeli suatu barang dengan jumlah yang besar, dan disaat itu juga kita memberikan hadiah atas pembelian mereka yang banyak itu mampu memberikan nilai positif dari pelanggan terhadap perusahaan kita.

3. Premium Member

Dengan membayar jumlah tertentu, sang member premium ini dapat menikmati beberapa keunggulan yang tidak dinikmati oleh member standar. Misalnya apabila mereka membeli premium member, mereka mendapatkan bonus layanan yang tidak bisa diakses oleh para member standar.

4. One for One, atau Two for One, atau Three for One dan seterusnya.

Walaupun strategi ini cukup riskan bagi profit margin perusahaan, strategi ini merupakan solusi yang cukup baik bagi perusahaan untuk menciptakan lebih banyak pelanggan setia dan juga. Karena pelanggan akan dengan senang hati mempromosikan dari mulu ke mulut tentang promosi perusahaan yang satu ini. Jangan lupa untuk memperhatikan profit margin perusahaan sebelum menerapkan strategi yang satu ini.

5. Diskon Lebih Besar Setiap Kali Pembelian Selanjutnya.

Strategi yang paling riskan untuk profit margin perusahaan diantara strategi yang telah disebutkan, tapi dapat diatasi dengan memberikan diskon yang sangat rendah diawal pembelian, misalnya diskon 2.5% dan hanya naik 2.5% per pembelian, hingga batas aman dibandingkan dengan profit margin perusahaan (masih menghasilkan keuntungan). Perencanaan yang matang sangat direkomendasikan untuk strategi yang satu ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url