5 Merek Senar Terbaik Untuk Gitar Akustik Yang Ada di Indonesia

5 Merek Senar Terbaik Untuk Gitar Akustik Yang Ada di Indonesia 

Selaku gitaris yang hobinya bermain gitar akustik, kita pasti pernah membeli senar yang sama sekali tidak enak dipakai bahkan membuat gitar kita bersuara fals alias jelek. Tapi tahukah Anda, menurut beberapa musisi, bahwa hingga 30% kualitas suara gitar sangat dipengaruhi oleh kualitas senar yang dipakai. Oleh sebab itu jangan langsung menyalahkan gitarnya terlebih dahulu, mungkin saja kualitas senar yang Anda pakai kurang baik atau mungkin yaa Andanya yang kurang mahir (hehe bercanda).

Pixabay

Berikut beberapa merk senar terbaik dengan playability yang enak dipakai.

1. Elixir


Elixir sangat terkenal dengan teknologi anti karatnya yang mampu mempertahankan kualitas suara senar hingga 6 Bulan lebih. Elixir Nanoweb merupakan varian terbaik dari senar elixir yang beredar dipasar. Harga senar Elixir ini memang cukup fantastis, tapi kalau menurut kami, sesuai dengan harganya. Berhati-hatilah karena banyak senar palsu yang beredar diluar sana.
Senar Elixir akustik pada umumnya memiliki 2 tipe karakteristik suara yang dihasilkan, yaitu warmth dan bright.

2. D'addario


D'addario adalah senar sejuta umat di Amerika Serikat dan juga di beberapa negara di dunia termasuk Indonesia. Bagi yang sudah tidak asing lagi dengan senar gitar yang bukan dengan harga 2rb per senarnya, Anda pasti juga sering mendengar senar ini menjadi rekomendasi bagi beberapa toko musik yang pernah Anda kunjungi. Hal ini karena masyarakat Indonesia pada umumnya menyukai gitar dengan berkarakteristik bright, sehingga senar ini adalah pilihan bagi para pemain gitar yang sudah mulai mengerti kualitas senar.

3. Ernie Ball


Ernie Ball tidak hanya terkenal dengan kualitas senar Elektriknya saja, tapi siapa sangka kalau ternyata Ernie Ball juga memproduksi senar akustik dengan kualitas yang tidak bisa diremehkan juga. Tapi apabila untuk senar akustik, kami lebih memilih senar D'addario karena untuk playabilitynya, kesan lebih nge-grip ditangan, D'addario lebih unggul ketimbang Ernie Ball.

4. Orphee


Merk senar yang satu ini sedang naik daunnya dalam waktu beberapa dekade terakhir. Asal senar ini sampai sekarang kami belum menemukan kejelasan, ada yang bilang berasal dari India, ada yang bilang berasal dari Itali. Tapi yang jelas senar Orphee memang bisa menjadi salah satu opsi pengganti apabila Anda ingin mencoba sensasi senar lain selain yang biasa Anda pakai.

5. Cowboy


Senar cowboy ini berasal dari China, dan mungkin bagi para penggiat gitar, Anda sudah tahu kalau di Indonesia, gitar merk Cowboy sedang naik daunnya, apalagi dengan harganya yang murah tapi kalau menurut kami bisa mengimbangi kualitas suara gitar dengan harga 1 jutaan. Jujur, kalau senar Cowboy ini sangat terasa mirip dengan senar D'addario, apa jangan-jangaan? ;)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url