Teknik Lanjutan Bermain Gitar Untuk Aliran Fingerstyle

Teknik Lanjutan Bermain Gitar Untuk Aliran Fingerstyle

Pada dasarnya Teknik Lanjutan Fingerstyle Gitar hampir sama dengan teknik untuk Shredder atau Lead Solo. Hanya saja dikarenakan Fingerstyle identik dengan Finger Picking, Gitar Akustik dan sesuatu yang charming, Fingerstyle memiliki keterbatasan karena tidak semua fitur gitar akustik berada di gitar elektrik walaupun Anda tetap bisa bermain fingerstyle di gitar elektrik. 



1. Tapping

Tapping ini adalah teknik gitar yang sebenarnya bisa juga dilakukan untuk aliran fingerstyle, tapi perbedaannya adalah tapping yang dilakukan dalam aliran shredding tentunya memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Tapping dilakukan dengan menekan salah satu not di fretboard gitar dengan menggunakan jari tangan yang melakukan picking. Berikut contoh Tapping pada gitar.



2. Bending

Seperti artinya, Bending berarti membengkokkan. Tujuan bending ini ada lah dengan menaikkan nada tanpa harus berpindah fret maupun string. Suara yang dihasilkan Bending juga memiliki karakter yang khas. Belajar Bending membutuhkan kekuatan dorong jari yang baik, dan latihan yang berulang-ulang, dan ya pastinya akan sakit hingga Anda terbiasa. Contoh bending dapat dilihat pada tangan kiri dari foto Tapping diatas.


3. Natural Harmonics

Natural Harmonics memungkinkan Shredder untuk melakukan Dive Bomb, ataupun menghasilkan suara yang khas juga. Natural Harmonics dapat menghasilkan suara seperti dentingan bel yang merdu. Natural Harmonics bisa dilakukan pada fret 5,7, dan 12. Lebih lanjutnya lagi, Anda bisa melihat tutorialnya di Youtube.


4. Percussions Fingerstyling

Dikarenakan di gitar akustik kurang memungkinkan Anda untuk melakukan pinch harmonics, Saya ganti dengan Percussion Fingerstyling. Teknik ini adalah dengan menambahkan "Beats" dengan memukul bagian bodi gitar sebagai pengganti drum.


5. Artificial Harmonics

Artificial Harmonics sebenarnya paling sering digunakan untuk fingerstyle, tapi apabila Anda belum mengetahui dasar dari Artificial Harmonics, akan sulit bagi Anda mempelajari teknik Tapping Harmonics. Artificial Harmonics ini sendiri sebenarnya memiliki dasar yaitu Natural Harmonics yang dilakukan pada fret 5,7, dan 12, hanya saja Anda perlu mengubah posisi sesuai dengan bentuk Akord yang Anda tekan. Untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa melihat tutorial langsung pada Youtubenya Alip Ba Ta.

 

6. Tapping Harmonics

Tapping Harmonics ini sendiri memang sangat sulit untuk dilatih menurut gitaris-gitaris di dunia, dikarenakan Tapping Harmonics merupakan gabungan dari semua jenis Harmonics yang Saya sebutkan diatas. Tapi Saya menemukan teknik yang sebenarnya cukup mudah, tapi dengan syarat Anda sudah menguasai semua teknik Harmonics diatas. 

Caranya adalah dengan mencoba melakukan tapping "melayang", tidak menekan sepenuhnya seperti Anda melakukan Natural Harmonics, bedanya Anda melakukannya dengan tangan "Picking" Anda pada fret 12. Setelah Anda sudah menemukan "momentum" nya, Anda bisa mencoba menambahkan fretnya atau membentuk Chord seperti memainkan Artificial Harmonics.


7. Neck Tremolo

Siapa bilang memainkan tremolo hanya bisa dilakukan pada gitar listrik? Neck Anda juga bisa menjadi tremolo loh, walaupun Diving nya tidak sedalam Tremolo pada gitar listrik, setidaknya teknik ini juga bisa menjadi "Bunga" dalam komposisi cover atau lagu ciptaan Anda.

Tolong pastikan dulu bahwa gitar Anda memiliki kualitas yang baik, terutama kualitas Necknya, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti patah ataupun retak.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url