Cara Mengatasi Fret Buzzing Pada Gitar

Bagi para pemain gitar, kenyamanan bermain merupakan satu aspek paling terpenting yang harus diraih. Ada banyak cara untuk mendapatkan kenyamanan gitar tersebut, mulai dari membeli gitar dengan harga yang mahal, meng-custom gitar sendiri di Luthier yang terkenal di lokasi terdekat, dan beberapa cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menggapai hal itu.

Photo By Lacey Day, Via Pexels

Pada gitar yang murah maupun mahal sekalipun, tentunya ada kekurangan yang bisa kita alami saat bermain, salah satunya adalah fret buzzing. Fret Buzzing ini sudah dibahas pada artikel Penyebab Fret Buzzing Pada Gitar secara lengkap. 

Berikut Cara Mengatasi Fret Buzzing Pada Gitar.

Menyetel Trussrod

Menyetel Trussrod agar membuat Fret dan Fretboard tidak terlalu dekat jaraknya dengan senar adalah salah satu cara yang paling cepat untuk mengatasi fret buzzing namun memiliki kekurangan seperti bisa membuat Fretboard lepas dari necknya. Tapi apabila dilakukan dengan tidak berlebihan, dan hanya beberapa putaran saja, mungkin gitar Anda masih bisa menanggung tension Trussrod yang ada di bawah fretboardnya.

Caranya dengan menggunakan Kunci L (ukuran 4,5,6,7,dll) dengan memutarnya ke arah kiri apabila jarak senar dengan fretboard terasa terlalu dekat dengan senar. Apabila Anda ingin menceperkan gitar Anda juga bisa menggunakan Trussrod ini juga dengan cara memutarnya ke arah kanan.

Memperbaiki Posisi Fret

Fret yang asal-asalan dipasang (biasanya posisinya agak terangkat) dapat di pukul masuk lagi menggunakan palu karet yang biasa digunakan untuk meratakan keramik. Sebelum fret dipukul masuk, ada baiknya diaplikasikan sedikit lem Korea atau lem setan atau lem super dengan hati hati kebawah fret yang akan diperbaiki. Hal ini bertujuan untuk fret lebih kokoh tertanam ke fretboard.

Tapi lebih baik apabila menggunakan klem (Klem F atau C) untuk memberikan tekanan yang lebih baik ke fret dan hasil yang lebih rapih dibandingkan dengan menggunakan palu karet.

Mengganti Senar dengan Senar yang Original

Senar dengan kualitas yang buruk bisa menjadi alasan mengapa gitar mengeluarkan suara buzzing saat ditekan. Ini disebabkan oleh senar yang buruk seringkali memiliki getaran yang lebih lebar dibandingkan dengan senar original. Ada banyak merek senar original yang bisa dicoba seperti D'addario, Elixir, Ernie Ball, dll.

Mengganti Saddle atau Nut

Saddle atau Nut yang terlalu rendah seringkali juga penyebab gitar Anda mengeluarkan suara buzzing saat dimainkan. Anda bisa membeli baru Saddle dan Nut dengan harga 2rb hingga 100rb rupiah tergantung dari bahan dasarnya, apakah itu PVC atau tulang sapi asli. Jika Anda merasa Saddle dan Nut baru terlalu tinggi, Anda bisa mengamplas bagian bawah nya agar terkikis sehingga membuat Saddle dan Nut menjadi lebih pendek.

Awas, jika terlalu banyak terkikis, maka akan kembali menjadi terlalu ceper, sehingga akan membuat Anda rugi. Ada baiknya hal ini diserahkan saja ke toko gitar terdekat dari lokasi Anda yang memiliki workshop gitar (paham mendalam soal menyetel bagian-bagian gitar) agar tidak terjadi kerugian yang mendalam atau membuat playability gitar malah semakin parah.

Biasanya workshop gitar mematok harga dari 20 ribuan hingga 200 ribuan untuk melakukan kalibrasi Saddle dan Nut ini. Tapi harga ini tentunya bisa meminimalisir kerugian yang bisa saja Anda alami.

Mengganti Satu Set Fret

Fret yang Aus memang sudah selayaknya diganti, tapi banyak orang yang berfikir bahwa hanya perlu menggati 2-5 fret saja yang sering dipakai. Hal ini bisa menjadi solusi yang cukup murah, tapi tentunya bisa berpengaruh ke playability gitar. Karena bisa saja bahan fret yang diberikan tidak sama dengan fret bawaan.

Lebih baik sedikit dalam merogoh kocek daripada menyesal lebih mendalam kemudian. Mengganti satu set fret juga memberikan feel yang lebih nyaman juga.

Bagi Anda yang berdomisili di Medan dan sekitarnya (Sumut), yang kebetulan mencari Toko Gitar Medan dan Workshop Gitar Medan, bisa mengunjungi Instagram Positif Gitar Medan di @positifgitarmedan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url