Penyebab Fret Buzzing Pada Gitar

Fret buzzing adalah sebuah masalah yang kerap muncul bagi gitar yang umumnya sudah berumur atau pada gitar kw alias palsu. Namun pada gitar original yang mahal sekalipun hal ini dapat terjadi, tentunya kemungkinannya memang jauh lebih kecil dibandingkan dengan dua jenis gitar yang disebutkan tadi. Jadi, jangan mau termakan omongan para penjual gitar terlebih dahulu yang mengatakan bahwa gitar original mahal sudah pasti 100% tidak akan terjadi buzzing pada senar dan fretnya.

Photo by Luana Kirsch Concatto: Via Pexels

Hal ini sebenarnya dapat diselesaikan dengan mudah apabila Anda memiliki beberapa alat dan juga waktu luang untuk mengerakan reparasi pada gitar Anda yang fretnya buzzing. Suara yang ditimbulkan oleh fret buzzing ini memang sangat mengganggu pemain gitar. Suara yang ditimbulkan umumnya seperti suara senar yang terjepit dan mengeluarkan suara "bzzz" pada senar ketika dipetik yang dimana senar tersebut bergetar langsung menyentuh kolom fret berikutnya.

Berikut beberapa penyebab gitar Anda mengeluarkan suara buzzing pada fretnya.

Setelan Trussrod yang Terlalu Dekat dengan Senar

Trussrod yang memiliki two-way action alias bisa disetel keatas atau kebawah sehingga membuat fret dan fretboard memiliki jarak yang lebih jauh atau lebih dekat ke senar. Apabila kita setel ke kanan menggunakan kunci L (umunya ukuran 4,5,6,7) akan membuat fretboard bengkok kearah atas sehingga membuat jarak action antara senar dengan menjadi lebih dekat dan playabilitynya lebih mudah ditekan.

Seringkali para penjual gitar yang nakal menyetel gitarnya agar terasa lebih ceper hanya menggunakan trussrod ini. Tapi tentunya tidak semua penjual gitar diluar sana yang nakal begini, tinggal bagaimana kita yang melakukan riset lebih mendalam tentang gitar yang akan kita beli dan lihat apakah penjual gitar Anda termasuk yang jujur atau yang nakal.

Pemasangan Fret yang Tidak Presisi (asal-asalan)

Hal ini umumnya dapat kita temui pada Gitar Kw alias Palsu yang sering kita jumpai dengan harga dibawah satu juta di E-Commerce, namun tentunya sekali lagi, tidak semua penjual gitar Kw atau Palsu yang menjual gitar dengan kualitas fret yang buruk alias tidak presisi. 

Oleh sebab itu, kami sarankan untuk Anda bila ingin berbelanja gitar, cukup lah dengan mengunjungi Toko Gitar di kota Anda yang dapat diakses dengan kendaraan milik Anda atau transportasi umum agar Anda bisa langsung tes drive ditempat dan bisa dengan puas memilih gitar yang Anda sukai. Jangan karena lebih murah sedikit, Anda merasakan pahit yang berkali-kali lipat dari harga yang lebih murah tadi.

Meskipun gitar yang Anda akan beli akan dibanderol lebih mahal daripada Anda beli di E-Commerce, tapi tentunya sebanding dengan kepuasan yang akan Anda dapatkan dimulai dari bisa memilih gitar dengan fret yang lebih presisi, tidak was-was ditipu kualitas, tidak takut gitar Anda akan pecah diperjalanan, dan banyak hal positif lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan membeli gitar di Toko Gitar di Kota Anda dibandingkan dengan membeli melalui E-Commerce.

Senar yang Kurang Bagus

Senar dengan merek yang kurang bagus juga bisa menjadi momok yang menyebabkan gitar yang Anda miliki memiliki fret yang buzzing. Ini disebabkan oleh tension yang kurang kencang yang dihasilkan oleh senar yang kurang bagus tadi sehingga menghasilkan getaran yang lebih lebar dibanding dengan senar dengan kualitas top (biasanya senar original harga 50rb keatas).

Senar yang Usang

Senar yang sudah berumur lebih dari 1 tahun seringkali terdengar bantet dan ini terjadi karena sudah banyaknya karat serta tumpukan kotoran dari keringat dan kulit mati pemain gitar tersebut, sehingga menyebabkan senar lebih berat dan menghasilkan getaran yang lebih lebar dan akhirnya membuat suara buzz karena menyentuh fret dari gitar.

Saddle atau Nut yang Terlalu Rendah

Selain dengan menyetel Trussrod, untuk mendapatkan action yang lebih ceper adalah dengan memendekkan Nut dan Saddle gitar. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan kertas amplas/kertas pasir untuk menggosok bagian bawah dari Saddle atau Nut tersebut. Tapi hal ini sering menjadi kesalahan yang fatal bagi pemain gitar yang ingin menceperkan action gitarnya dengan meengamplas bawah Nut dan Saddle tapi hal tersebut menjadi keterusan dan malah membuat Nut dan Saddle keceperan.

Fret yang Sudah Aus (Tipis)

Bagi Anda yang rajin bermain gitar, pasti Anda mendapati Fret pada gitar Anda memiliki lekukan-lekukan seperti bukit-bukit kecil pada beberapa kolom fret yang paling sering ditekan. Ketika Fret sudah Aus, maka posisi senar apabila ditekan, akan lebih rendah dibandingkan dengan posisi fret selanjutnya. Hal ini lah yang membuat gitar Anda menghasilkan suara buzzing.

Namun hal itu semua dapat diatasi dengan membaca artikel ini : 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url