Tips dan Trik Dalam Memilih Senar Yang Cocok Untuk Gitar Anda

Tips dan Trik Dalam Memilih Senar Yang Cocok Untuk Gitar Anda

Senar adalah komponen dari gitar yang kalau menurut kami, mempengaruhi sekitar 20%-30% kualitas suara yang dihasilkan. Apabila Anda memiliki gitar yang mahal sekalipun, kalau Anda memakai senar yang beli di warung dengan harga 5 ribu satu set, maka gitar Anda pasti akan terdengar seperti kambing minta kawin.

Maaf blak-blakan, tapi memang ada. Dulu saat Saya membuka toko gitar dan workshop reparasinya, banyak pelanggan yang reparasi gitar dengan harga 3 juta keatas tapi memakai senar KW, yg biasanya bermerk "Pyr*m*d". Padahal merk ini kalau yang asli buatan Jerman, kualitasnya sangat bagus. Seolah-olah memang benar-benar menjatuhkan harga diri merk yang satu ini wahai para pemalsu senar.

Pixabay via Pexels

Bukan berarti senar palsu semuanya jelek, tidak. Dulu (bahkan sampai sekarang) ada beberapa gitar dan ukulele serta bass Saya yang memakai senar palsu merk "D*dd*ri*" (maaf sering sensor). Kualitas suaranya beda tipis dari yang asli, hanya saja gampang kok mengetahuinya, yaitu gampang putus kalau di "Bending" dan cepat berkarat kalau tidak dirawat.

Untuk itu, Anda harus menyesuaikan senar yang Anda akan beli agar cocok dengan gitar Anda.

1. Perhatikan "Gauge" Senar

Gauge atau dapat diartikan dengan lingkar diameter dari senar. Semakin besar Gaugenya, semakin besar pula suara yang dihasilkan, tapi tunggu dulu, selengkapnya Anda bisa membacanya disini : Petunjuk Tuning Pada Beberapa Jenis Gauge Senar


2. Cobalah Untuk Menyesuaikan Dengan Jenis Kayu


Singkatnya, gitar dengan kayu berkarakteristik "nge-bass" lebih cocok dengan senar yang berkarakteristik "Warmth", dan senar yang berkarakteristik "Bright" lebih cocok juga ke Gitar dengan karakteristik Kayu "Bright".


3. Usahakan Untuk Tidak Melakukan "Cross Strings"


Maksudnya adalah, memakaikan senar akustik pada gitar elektrik dan sebaliknya, atau bahkan hal terparah yang sering saya lihat adalah memakaikan senar akustik pada Gitar Klasik.


4. Anda Pemula? Jangan Pilih Senar Dengan Gauge Besar


Kecuali kalau Anda orangnya masokis, saya tidak berani melarang, atau mungkin Anda orang yang mencari tantangan juga saya tidak berani melarang. Tapi tangan Anda akan tersiksa dan Anda akan malas untuk belajar gitar lebih jauh lagi kalau mood Anda berkurang diakibatkan sakitnya tangan Anda saat menekan senar.

Walaupun senar dengan gauge kecil pun, Anda juga tetap harus memperhatikan beberapa hal ini sebelum membeli gitar : Tips Krusial Memilih Gitar Sebelum Membeli



5. Mahal Bukan Berarti Bagus, Murah Berarti Jelek


Bukan berarti kalau senar KW yang 5 Ribu seperti yang sebutkan diatas tadi menjadi pilihan terbaik Anda ya. Bahkan menurut saya, senar Ernie Ball original dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan senar Elixir yang Elektrik berkualitas jauh lebih baik, dan mungkin Anda juga tahu kalau Elixir ini identik dengan kata mahal, tapi sayangnya, performa senar Elixir untuk gitar elektrik tidak sebaik dengan senar akustiknya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url