4+ Tips Memilih Gitar Sebelum Membeli Agar Tidak Menyesal Kemudian

4+ Tips Memilih Gitar Sebelum Membeli Agar Tidak Menyesal Kemudian

Gitar adalah instrumen musik dengan pengguna terbanyak di dunia, tidak heran kalau bisnis manufaktur gitar merupakan salah satu bisnis yang cukup menggiurkan. Gitar-gitar yang ada di toko musik memiliki beragam merk, dan juga setiap merek memiliki ciri khasnya masing-masing walaupun ada yang hampir identik.

Banyaknya pilihan ini membuat Anda sulit untuk memutuskan gitar mana yang paling cocok atau memiliki kualitas yang baik dengan budget yang sesuai dengan kantong Anda.



Bagi Anda yang ingin membeli gitar, mungkin bagi Anda yang baru mau belajar gitar, ataupun Anda yang sudah pernah membeli gitar tapi kecewa melihat gitar yang pernah Anda beli, berikut tips terbaik agar Anda tidak salah beli (lagi) gitar.

1. Perhatikan Karakter Suaranya


Gitar pada umumnya memiliki 3 karakter suara utama, yaitu Bass, Mid, dan Treble. Gitar yang memiliki salah satu karakter yang menonjol seperti Treble ataupun Bass tidak menjadi acuan utama bahwa gitar tersebut bagus atau tidak. Bahkan penjual gitar sering sekali menstimulus kita calon pembeli bahwa gitar dengan salah satu karakteristik yang menonjol misalkan gitar yang "nge-Bass" itu adalah gitar yang bagus, padahal tidak.

Selera karakteristik itu sendiri berada pada kita, dan jangan mau dipengaruhi oleh mereka. Lalu bagaimana cara menentukan bahwa gitar tersebut memilili karakter yang baik?

Gitar yang baik adalah gitar yang mampu menonjolkan semua jenis karakteristiknya dengan baik dan biasanya perbedaan antara Bass, Mid, dan Treble sangatlah tipis, dan biasanya yang tipis itulah Anda bisa menentukan bahwa gitar itu adalah "Zing" atau jodoh Anda (sesuai dengan preferensi karakteristik Anda).


2. Lihat Spesifikasi Bodi Gitarnya


Beda jenis kayu, beda juga suara yang dihasilkan. Pada umumnya Body gitar dibangun menggunakan kayu Spruce, Maple, Mahoni, ataupun Nato. Tapi apakah semakin mahal kayunya semakin baik juga suara yang dihasilkan? Jawabannya "Tergantung". Maple merupakan kayu paling mahal untuk dijadikan bahan pembangun bodi gitar, sebagai catatan, Maple bukan kayu termahal di dunia ya.

Tapi memang kayu Maple memiliki tingkat Keras dan Kuat kayu dengan level 1, berarti Maple merupakan kayu yang memiliki kemungkinan awet paling tinggi dibandingkan dengan jenis kayu lainnya.

Kualitas baik selalu beriringan dengan harga yang mahal. Gitar dengan bodi berbahan Maple seringkali berharga 3jt keatas. Oleh sebab itu jika Anda berniat membeli gitar berbodi Maple, sangat disarankan menabung terlebih dahulu, dan pelajari bagaimana bentuk serat kayu Maple, dikarenakan seringkali banyak penjual yang mengatas-namakan gitar yang mereka jual menggunakan Kayu Maple.

Jika Anda masih kesulitan juga dalam melakukan penganalisaan jenis kayu yang ada, Anda bisa baca bagaimana Kayu-Kayu tersebut memilki karakteristik suara masing-masing disini.



3. Jarak Antara Senar Ke Fret


Jarak antara senar ke fret adalah hal yang paling krusial bagi Anda yang belum mengerti cara menyetel ketinggian jarak senar ke fret. Hal ini disebabkan akan sangat mempengaruhi mood Anda untuk bermain gitar.

Singkatnya begini : Semakin tinggi jarak senar ke fret, akan semakin sulit bagi Anda untuk menekan senar ke fret, dan semakin sakit pula jari Anda akan menekan senarnya.


4. Jenis Preamp


Bagi Anda yang ingin mencari gitar Akustik Elektrik (yang bisa dicolok ke Amplfier/Loadspeaker untuk gitar), preamp adalah "Jembatan" agar Anda bisa "menyeberangkan" petikan gitar Anda menjadi sebuah rekaman atau diperbesar melalui amplifer/loadspeaker (Analog to Digital). 

Kualitas dan Jenis Preamp akan sangat mempengaruhi output yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa jenis Preamp gitar terbaik.


5. Perhatikan Jenis Dryer/Tuning Peg/Kuping Gitarnya.


Banyak penjual nakal yang memasang Tuning Peg Gitar klasik untuk dipasangkan senar akustik. Padahal hal ini akan mempengaruhi setelan gitar. Setelan gitar sering Out of Tune dikarenakan Tuning Peg Gitar Klasik tidak sanggup menahan Tension dari senar akustik.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url