Ingin Belajar Gitar? Pelajari Hal Ini Dulu Supaya Cepat Mahir

Ingin Belajar Gitar? Pelajari Hal Ini Dulu Supaya Cepat Mahir

Anda ingin belajar gitar? Atau Anda pemain gitar yang sudah bertahun-tahun tapi masih saja hanya mengerti chord dasar? Kemungkinan ada keinginan kita untuk bisa mahir bermain gitar, apalagi setelah melihat para expert-expert gitar seperti Alip Ba Ta (Youtuber) Fingerstyle, Sungha Jung Fingerstyle, atau bahkan seperti Slash Gun n' Roses, dll. 

Sebelum mulai, singkirkan terlebih dahulu, ingin menganut aliran apakah Anda saat bermain gitar. Jangan pikirkan dulu hal-hal seperti "Ah Saya ingin menjadi pemain fingerstyle" atau "Ah Saya ingin bermain lead solo seperti Slash, Synyster Gates" , dsb. 

Benar adanya kalau belajar bermain gitar ini merupakan hal yaang menyakitkan, tapi apabila Anda sudah terbiasa, banyak cara Anda bisa memonetisasi skill Gitar Anda kok.

Hal yang paling terpenting adalah bagaimana Anda membangun basic Anda dalam bermain gitar. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk yang baru pertama kali belajar gitar maupun yang sudah lama bermain gitar, tapi masih stuck di chord-chord dasar.

Baca juga : Karakteristik Suara Pada Kayu Body Gitar




1. Konsistensi

Ini adalah hal pertama yang  diperingatkan bagi Anda yang ingin belajar gitar, atau yang ingin memperbaiki metode belajar bermain gitar Anda yang selama ini salah. Wah, kenapa Salah? Ya kalau metode belajar gitar Anda benar, pasti Anda sudah mahir sekarang. 


2. Pelajari Root Note/Bass Note terlebih dahulu

Apa itu Root Note? Sesuai dengan arti langsung dari bahasa Inggrisnya, Root Note berarti Not Akar. Mengetahui Root Note akan memudahkan Anda untuk mempelajari Power Chord atau yang biasanya kita sebut Kunci Palang, walaupun penyebutan "Kunci" itu sendiri salah, karena Kunci itu sendiri adalah bahasa awamnya dari Not, yang benar adalah AKORD PALANG, atau sebut saja Power Chord.


3. Power Chord

Setelah Anda mengetahui Root Note, Anda lebih baik mempelajari Power Chord simple terlebih dahulu, atau yang biasanya disebut dengan "The Fifth Chord". Waduh mulai pusing? Ini Saya kasih contohnya saja.


Foto : Dummies.com


4. Latihan Chromatic Scale


Bagi yang sudah pernah belajar, dan pernah diajarkan hal ini, tapi Anda malas untuk mengerjakannya, kami punya berita buruk untuk Anda, Anda tidak akan bisa mahir kalau jari Anda tidak "Hidup" semuanya dan satu-satunya cara terbaik dan termudah untuk dilakukan adalah berlatih Chromatic Scale, atau yang biasa dikatakan dengan  "Senam Jari" untuk "Menghidupkan" otot-otot jari Anda. Tujuan berlatih Chromatic Scale naik dan turun dari senar 1 ke senar 6 adalah untuk membiasakan jari Anda untuk Chord-Chord rumit atau untuk Lead Solo. 

Di latihan ini, Anda akan membiasakan jari Anda untuk mempunyai tekanan yang kuat dan stabil, dan juga menghidupkan jari kelingking Anda. Kami tahu kok kalau jari kelingking Anda (bagi yang susah mahir) paling jarang dipakai.


5. Akord Palang dan Akord Biasa dilatih pada saat yang bersamaan.


Maksudnya adalah, ketika Anda ingin mempelajari bagaimana Chord C standar, coba juga untuk mengkonversikannya ke variasi Akord Palang Minor dan Major.


6. Latihan Picking


Teknik Picking ini sendiri ada dua, yaitu Finger Picking dan Pick Picking, terlepas dari aliran yang akan Anda pilih nantinya, sangat di sarankan untuk melatih kedua jenis Picking ini.


7. Chord Progression (Progresi Akord)


CP (Chord Progression) adalah kunci utama Anda agar bisa mengetahui "Saudara" dari Chord yang Anda mainkan pertama kali agar suara yang dihasilkan dari chord selanjutnya yang Anda putuskan untuk mainkan, terdengar BERPADU merdu dengan Chord sebelumnya. Jika Anda sudah menguasai Chord Progression akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan improvisasi lagu yang Anda akan mainkan/ciptakan.


8. Pelajari Scale (Skala) Minor dan Major.


Setelah Anda yakin Anda mengetahui Akord Minor dan Mayor biasa maupun palang dari A, B, C, D, E, F, G, dan bentuk Progresi Akord nya, Anda bisa langsung mempelajari Skala Major dan Minor, atau bahkan sangat di sarankan untuk pelajari secara bersamaan, karena ketika Anda sudah berada di level ini, pastinya Anda sudah mengetahui dimana Root Note pada fretboard gitar Anda.


9. Diminished, Pentatonic Minor dan Major


Skala Pentatonic ini merupakan skala yang biasanya digunakan pada aliran blues maupun jazz. Tapi skala ini juga sangat berguna bagi Anda yang akan memilih aliran "Fingerstyle", karena Pentatonic sering digunakan sebagai "Bunga" yang indah dari alunan gitar Anda.



Setelah Anda sudah menguasai semua hal yang disebutkan diatas, Anda baru siap untuk memilih "aliran" bermain gitar Anda, entah itu Lead Solo/Shredder atau Fingerstyle. Berikut adalah beberapa teknik "Advanced" untuk Fingerstyle dan Shredder.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url