Hal Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Domain

Hal Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Domain

Bagi para blogger ataupun E-Commerce (Online Shop) tentunya hal yang paling ingin di beli adalah sebuah domain agar blog yang telah dibuat memiliki reputasi yang lebih baik lagi dan lebih dipercaya oleh para pengunjungnya. Banyak jenis domain yang tersedia yang dapat Anda beli sebagai seorang blogger atau pun pemilik Online Shop untuk meningkatkan minat calon pengunjung untuk mengunjungi website atau blog Anda.



Berikut adalah beberapa jenis domain yang bisa Anda beli :
- .com (dotcom)
- .net (dotnet)
- .org (dotorg)
- .info (dotinfo)
- .id
- .ws
- .biz
- .us
- .co
- .me
- .name
- .tv
- .asia
- .club
- .online
- .web.id (dotwebdotid)
- .or.id (dotordotid)
- .co.id
- .sch.id
- .ac.id
- .go.id
- .my.id
dan lain sebagainya

Hal yang harus Anda perhatikan adalah :

1. Kebutuhan akan blog/website Anda berdasarkan jenis web/blog yang ingin dibangun.


Misalnya ".com" (dotcom) biasanya menjadi domain yang paling dipercaya oleh orang-orang yang akan mengunjungi situs Anda, dan dengan harga yang bersaing dibandingkan ".net" jadi sangat cocok apabila Anda ingin membuka web/blog.

Jangan membeli domain ".tv" atau yang lainnya apabila Anda tidak ingin membuat website untuk Televisi online.

Perlu diperhatikan juga, biasanya domain seperti ".ac.id" dan ".go.id" merupakan domain yang memerlukan persyaratan khusus dan tidak sembarang orang/instansi bisa membelinya.

2. Harga


Jangan dikarenakan kalian melihat adanya promo, Anda lupa akan tujuan utama Anda membuat Web/Blog. Sangat disarankan membeli domain ".com" untuk pembuatan Web/Blog.

3. Biaya Renewal (Biaya Perpanjang Kontrak)


Seringkali situs-situs jasa penjualan Hosting dan Domain menawarkan harga promo maupun paket yang sangat menggiurkan diawal, hati-hati, karena setelah promo habis, biasanya mereka akan menaikkan harga bahkan berkali-kali lipat sesudah paket promo (biasanya di 1-3 tahun awal).

Misal, ada situs jasa Hosting dan Domain yang memberikan harga hanya Rp.10.000 untuk suatu domain misalkan ".my.id", harus Anda perhatikan berapa biaya renewal setelah harga promo berjalan sudah habis. Apabila tidak tertera, jangan sungkan-sungkan bertanya ke Live Chat mereka ataupun Tiket E-mail mereka, agar kedepannya situs Anda tidak menjadi sia-sia. Karena menurut pengalaman Saya, domain seperti ".my.id" memiliki biaya renewal pertahun sebesar Rp. 70.000 hingga Rp.100.000 tergantung harga masing-masing penyedia jasa Hosting dan Domain.

Bayangkan apabila Anda sudah terjebak di dalam perangkap marketing mereka, dengan harga yang pertama Rp.10.000, menjadi Rp.70.000 dalam waktu setahun. Tentunya akan mempengaruhi sedikit atau besarnya kepada anggaran belanja web/blog Anda bukan?


Kesimpulannya, jangan mudah tergiur dengan promo-promo terlebih dahulu, pastikan dengan mengkontak CS mereka agar kedepannya meminimalisir terjadinya penyesalan di kemudian hari yang diakibatkan tingginya biaya yang harus dikeluarkan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url