Pengertian dan Tujuan Promosi

Pengertian Promosi

Banyak orang menyangka bahwa promosi serta pemasaran memiliki pengertian yang sama, dimana sesungguhnya promosi hanya ialah salah satu bagian dari aktivitas prasaran. Meski promosi kerap dihubungkan dengan penjualan namun realitasnya promosi memiliki makna yang lebih luas dari penjualan sebab penjualan hanya berhubungan dengan pertukaran hak kepunyaan yang dilakukan oleh tenaga penjual, sebaliknya promosi merupakan tiap kegiatan yang diperuntukan untuk memberitahukan, membujuk ataupun mempengaruhi konsumen untuk senantiasa memakai produk yang dihasilkan perusahaan tersebut. pengertian promosi yang dikemukakan oleh philip Kotler merupakan sebagai berikut:

" Promotion encompasses all the tools in the marketing mix whose mayor is persuasive communication".

Promosi meliputi seluruh alat-slat dalam campuran pemasaran yang peranan utamanya merupakan untuk mengadakan komunikasi yang sifatnya membujuk promosi ialah suatu proses komunikasi dari penyampaian amanat ataupun kabar tentang produk/barang ataupun jasa dari penjual kepada para pembeli potensial (konsumen).

Photo by Markus Spiske via Pexels

Promosi merupakan bersangkutan dengan metode komunikasi yang diperuntukan kepada pasar yang menjadi sasaran tentang produk yang tepat yang dijual pada tempat yang tepat dengan harga yang tepat. Promosi mencakup penjualan oleh perseorangan, penjualan massal serta promosi penjualan.

Bersumber pada ketiga pendapat tersebut diatas dapatlah ditarik kesimpulan bahwa promosi merupakan usaha-usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi konsumen supaya membeli produk yang dihasilkan maupun untuk mengantarkan kabar tentang produk tersebut dengan jalur mengadakan komunikasi dengan para pendengar (audience) yang sifatnya membujuk.

Pada prateknya meski penerapan promosi ini biasanya dilakukan oleh para penjual/produsen, pihak pembeli ataupun calon pembeli kadang-kadang ada kalanya secara sadar ataupun tidak sadar pula sudah melaksanakan promosi, misalnya apabila mereka menginginkan suatu data/penjelasan mengenai harga, kwalitas serta sebagainya dari pihak penjualan.

Contohnya dalam kondisi kehidupan tiap hari ada kalanya pada saat berbincang-bincang orang menyinggung produk ataupun pula tertentu, biasanya berkata keinginannya membeli rumah ataupun berkata bahwa esok malam film di Juwita sangat bagus, hingga dalam perihal ini orang tersebut sudah melakukan kegiatankegtatan promosi.

Seperti sudah dikatakan di atas, tujuan dasar dilaksanakannya promosi merupakan untuk mempengaruhi konsumen supaya membeli produk yang dihasilkan penjual. Suatu promosi yang dilaksanakan tanpa memiliki tujuan sama saja dengan melakukan pekerjaan yang sia-sia. Tujuan promosi ialah dasar dalam membuat totalitas program promosi yang akan dijalankan oleh perusahaan dalam rangka menggapai apa yang diinginkannya, setelah itu akan menyusul langkah-langkah berikutnya.

Tujuan Promosi

Sesungguhnya tiap perusahaan yang mempunyai program promosi apabila dilihat secara nyata bahwa tujuan daripada promosi tiap-tiap kerap tidak sama rata sama yang lain. Akan namun pada biasanya suatu promosi memiliki tujuan antara lain sebagai berikut:

Penampakkan

Salah satu tujuan berarti dari promosi merupakan promosi tersebut harus bisa mengantarkan pasan pads beberapa calon pembeli yang dituju ataupun yang ditargetkan, dengan demikian perusahaan harus memilih mana yang bisa dicapai ke pembeli yang dituju tersebut. Dalam rangka penampakkan ini perlu dicermati langkah lengkah sebagai berikut:

-Memastikan calon pembeli yang dituju ataupun yang di targetkan.

-Memastikan jumlah calon pembeli yang dituju.

-Memilah media yang sangat sesuai untuk bisa menggapai calon pembeli tersebut.

Atensi//Perhatian

Promosi harus bisa menarik atensi konsumen ateu calon pembeli yang dituju, tetapi kerapkali sangat sukar untuk menarik atensi calon pembeli terhadappromosi yang kita jalani diakibatkan terdapatnya sedemikian banyak promosi yang dilakukan pula oleh perusahaan yang lain, sehingga atensi calon pembeli tidak hanya terpusat pada promosi yang dilakukan oleh perusahaan yang lain yang meliputi beberapa edvertensi, promosi penjualan serta usaha-usaha promosi yang lain. Jadi perusahaan dihadapkan pada permasalahan bagaimana agar promosi yang dilakukan oleh perusahaan yang lain.

Metode yang bisa dilakukan untuk menarik atensi calon pembeli misalnya membagikan sponsor untuk suatu kegiatan tertentu, pemakaian orang yang telah popular di mata warga dalam reklamenya, menonjolkan apa yang lebih menjadi keistimewaan produknya yang tidak ada pada produk yang lain, serta lain sebagainya.

Pemahaman

Tujuan promosi yang lain dari promosi yakni pemahaman yang dicapai pada waktu calon pembeli menginterpretasikan pesan yang hingga kepadanya. Calon pembeli kerap kali tidak bisa menguasai promosi yang tidak direncanakan dengan baik ataupun yang bisa menarik atensi, kadang-kadang perubahan dari media yang digunakan bisa menyebabkan pesan yang di informasikan menjadi tidak jelas sehingga dalam merubah pemakaian media kita pula harus melibat apakah perlu diadakan perubahan pesan.

Dengan demikian perusahaan harus percaya bahwa pesan yang di informasikan lewat media itu jelas serta bisa menarik atensi, sebab banyak perusahaan mempromosikan bermacam macam produknya, calon pembeli banyak tertarik, mengingat serta menguasai sebagian promosi dari sekian banyak promosi yang ada.

Perubahan Perilaku

Sehabis promosi bisa dimengerti oleh calon pembeli, hingga perusahaan mengharapkan suatu asumsi dari calon pembeli terhadap promosi tersebut. Tiap perusaan harus membiasakan promosinya dengan produk yang dihasilkannya untuk bisa merubah perilaku calon pembeli yang ditujunya, misalnya perubahan agar pembeli alihkan pembeliannya dari produk perusahaan lain ke produk yang dihasilkan oleh perusahaannya.

Banyak perusahaan memakai advertensi merubah perilaku calon pembeli yang ditujukannya, advertensi belum pasti bisa menyebabkan sebagian besar pembeli untuk lekas melaksanakan pembeliannya.

Aksi

Sesuai dengan tujuan akhir promosi merupakan untuk tingkatkan hasil perusahaan lewat kenaikan hasil penjualan, hingga tujuan promosi yang sangat berarti merupakan untuk bisa memunculkan aksi dari calon pembeli yang ditujunya, sebab perihal ini menunjukkan sukses ataupun tidaknya suatu promosi.

Next Post Previous Post