Kadar Sangrai atau Level Roasting Dari Kopi Green Bean Menjadi Kopi Siap Saji

Kadar Sangrai atau Level Roasting Dari Kopi Green Bean Menjadi Kopi Siap Saji

Sebelum kopi dapat kita minum, tahukah Anda bahwa ada proses yang cukup panjang untuk memastikan kopi yang diminum oleh kita memiliki karakteristiknya sendiri? Kali ini kami akan membahas tentang Kadar Sangrai atau Level Roasting dari kopi, dan mengapa sangat berpengaruh dengan rasa kopi yang akan kita minum.

Selain dari jenis varietas kopi yaitu Arabica dan Robusta (varietas yang paling banyak dikonsumsi di dunia), kadar roasting memberikan pengaruh rasa pada kopi yang kita minum, dari rasa Asam nya atau Pahit dari kopi.

Photo by cottonbro from Pexels


Rasa kopi Asam? Memang ada? Tentunya ada, dan sebenarnya rasa kopi itu adalah asam. Tingkat keasaman ini akan semakin menghilang apabila kita menyangrai kopi lebih lama hingga menjadi gosong sehingga berasa pahit.

Nah bagi yang sudah terbiasa dengan rasa kopi yang pahit (entah itu saset atau kiloan dengan harga 50 ribuan), kini Anda sudah tahu bahwa kopi yang Anda minum sebenarnya memiliki kadar roasting "gosong" atau antara Dark Roast, French Roast, atau Italian Roast.

Langsung saja ini adalah Kadar Sangrai atau Level Roasting lengkap.

1. Unroasted (Green Bean)


Sebelum kopi yang kita minum bewarna hitam, biji kopi sebenarnya berwarna hijau. Setelah mengalami proses "dimasak", kopi berubah warna perlahan-lahan menjadi kadar raosting seperti di list berikutnya.


2. Cinnamon Roast alias Light Roast


Light Roast memiliki warna sangrai yang masih sangat terang, rasa dari Kopi Light Roast ini masih sangat asam, dan biasanya Light Roast ini ada kadar roasting untuk menilai Kopi atau yang biasa disebut dengan proses Cupping. Kadar kafein dari Kopi yang disangrai dengan level Light Roast masih sangat tinggi. Agak berbahaya bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung ataupun asam lambung atau maag dikarenakan kafein yang akan meningkatkan detak jantung.

3. Medium Roast


Medium Roast adalah kadar roasting yang masih terasa asam, tapi sudah cukup aman diminum, walaupun kami tidak menyarankan bagi yang memiliki riwayat penyakit jantung, asam lambung, dan maag. Bagi yang ingin merasakan sensasi ASLI dari meminum kopi, minta lah kopi dengan kadar sangrai ini.


4. Dark Roast


Dark Roast adalah kadar raosting yang disangrai lebih lama dari Medium Roast yang menyebabkan kopi tidak terlalu berasa Asam, tapi rasa pahit sudah mulai mendominasi. Saya sarankan bagi yang ingin menyeimbangkan antara rasa pahit dan asam, cobalah untuk meminta kopi dengan kadar sangrai Medium To Dark Roast, karena pada kadar sangrai ini, Anda masih bisa merasakan sedikit dari sensasi rasa ASLI kopi, dan sudah mulai cukup aman untuk orang yang memiliki riwayat penyakit seperti yang sudah disebutkan tadi.


5. French Roast dan Italian Roast


French Roast ini sebenarnya adalah kadar sangrai yang lebih lama dimasak dibandingkan Dark Roast, dan Italian Roast adalah kadar sangrai paling lama alias paling gosong dibandingkan dengan French Roast.

Kedua kadar ini biasanya diperuntukkan kopi Robusta yang secara alami memiliki kadar asam dan kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan Kopi Arabika. Bukan berarti kopi Arabika tidak bisa disangrai dengan kadar ini, hanya saja menurut pengalaman kami, rasa kopi sudah benar-benar hilang, dan bahkan wangi khas kopi pun sudah hampi hilang dingantikan dengan bau gosong. 

French Roast dan Italian Roast ini relatif aman untuk diminum untuk semua kalangan selama tidak terlalu banyak diminum.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url