Pengertian dan Contoh Pekerjaan Data Entry


Pengertian dan Contoh Pekerjaan Data Entry

Data Entry atau Entri Data adalah suatu pekerjaan dimana sang pekerja diberikan tugas untuk menginput atau memasukkan data ke dalam sebuah tempat seperti buku penjualan, excel, word, spreadsheet, dan lain-lain. Pekerjaan Data Entry memang lah sesuatu pekerjaan yang tidak bisa di anggap sebelah mata, dikarenakan pada umumnya pekerjaan Data Entry membutuhkan kecepatan mengetik ataupun kecepatan baca yang tinggi.

Meskipun pada umumnya lowongan pekerjaan Data Entry hanya sering mengkhususkan agar calon pelamar memiliki kecepatan ketikan lebih dari 60 kata permenit, dan biasanya perusahaan lebih melirik calon pelamar yang memiliki kecepatan ketik 80-90 kata permenit.

Jangan salah, pekerjaan Data Entry termasuk pekerjaan yang mengharuskan pekerjanya memiliki fokus dan kecepatan yang tinggi.

Lalu apa saja yang biasanya dilakukan oleh pekerja Data Entry? Berikut penjelasannya.

- Input Data Penjualan Perusahaan

Data Entry yang satu ini adalah pekerjaan yang paling umum kita jumpai di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Perusahaan yang besar pastinya memiliki jumlah total penujualan perharinya yang sangat besar, sehingga tidak cukup untuk memberikan tugas ini kepada seorang akuntan untuk rangkap jabatan. Walaupun bagi perusahaan-perusahaan kecil di Indonesia masih ada yang memberikan tugas Data Entry juga pada seorang akuntan mereka.


- Input Data Pasien

Rumah sakit di dunia maupun Indonesia tentunya harus memiliki seorang Data Entry. Mengapa demikian? Ini dikarenakan data seorang pasien tidak melulu hanya berupa angka seperti penjualan dalam perusahaan produk dan jasa. Jangan salah, seorang Data Entry di rumah sakit biasanya setidaknya pernah mengemban pendidikan soal kesehatan, sehingga mereka tidak canggung dalam memasukkan istilah-istilah dalam dunia medis.

Apabila hal ini di berikan tugasnya kepada seorang akuntan rumah sakit yang sebenarnya tugas mereka adalah melakukan audit dan penyusunan laporan keuangan, maka tentunya hal ini bisa menjadi total catastrophe bagi rumah sakit tersebut, belum lagi seorang akuntan yang bekerja di rumah sakit tersebut ternyata tidak ada background atau pelatihan untuk medis.

- Input Data Persediaan Gudang

Perusahaan manufaktur (produk barang) yang sangat besar dan sibuk tentunya harus memiliki seorang pengawas gudang, walaupun seorang pengawas gudang belum tentu rangkap tugas sebagai Data Entry, seringkali perusahaan akan memberikan tugas untuk mendata banyaknya persediaan barang mereka. Jadi, apabila ada lowongan sebagai pengawas gudang, kemungkinan besar Anda akan ditugaskan untuk menginput data keluar masuknya persediaan barang dari perusahaan tesebut.


- Captcha Solver

Memang di luar negeri Captcha Solver tergolong sebagai salah satu pekerjaan Data Entry. Pendapatan dari pekerjaan Captcha Solver memang tidak banyak, tapi apabila pendapatan yang didapatkan melalui beberapa platform Captcha Solver cukup lumayan dan relatif stabil serta konsisten, bisa dicoba juga untuk dimasukkan kedalam CV Anda, agar Anda bisa lebih dipertimbangkan untuk masuk ke dalam suatu perusahaan dengan gaji yang lebih baik lagi.



Darimana Anda bisa mencari lowongan pekerjaan Data Entry ini? Seringkali Anda hanya bisa menemukan Lowongan Pekerjaan Data Entry melalui situs loker freelancing seperti LinkedIn, Fastwork.id, freelance.co.id, sribulancer, dll. Mengapa seringkali lowongan pekerjaan Data Entry hanya bisa ditemukan di Situs-situs Online? Ini mungkin dikarenakan mereka ingin menyaring bagi siapa saja yang memang sudah kenal dekat dengan dunia Internet, karena kebanyakan orang yang aktif di Internet, memiliki kecepatan pengetikan yang baik juga.

Anda bisa coba beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan mengetik Anda disini :

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url