Trik Sukses Bisnis dan Jualan Online Menggunakan Taktik Perang Sun Tzu (Sun Zi) Part 1


Trik Sukses Bisnis dan Jualan Online Menggunakan Taktik Perang Sun Tzu (Sun Zi) Part 1


Bagi Anda yang belum mengenal Sun-Tzu (Sun Zi), Ia adalah jendral perang sekaligus strategist terbaik di zaman China kuno. Ia lahir di Qi dengan tahun 551 SM, meninggal pada tahun 479 SM di provinsi Wu, China. Sun Zi terkenal dengan filosofinya tentang perang. Namun, siapa sangka apabila kita menereapkan strategi perang Sun Zi dalam berbisnis, kita bisa saja menjadi pemimpin dalam pangsa pasar usaha yang kita geluti.


Ketika musuh kuat dan efektif, bersiaplah untuk menghadapinya. Ketika musuh jauh lebih unggul dan sangat ganas, adalah lebih baik untuk menghindarinya.

Jangan sekalipun memiliki target yang muluk-muluk disaat Anda baru terjun ke dunia Usaha. Misalnya ada toko pesaing yang memang sudah besar dan sudah lama berada berkecimpung di jenis usaha yang Anda geluti, apalagi mencoba melakukan penetrasi pasar dengan bermain harga. 

Ketahuilah, mereka tentunya memiliki pemasok yang lebih banyak dan menawarkan harga yang lebih kompetitif, akan sangat mudah "meladeni" taktik permainan harga Anda yang dapat menyebabkan kehancuran Anda sendiri, lebih baik ikuti saja harga mereka atau pun cara bermain mereka. Pasti ada saatnya untuk melakukan serangan balik suatu saat nanti apabila usaha Anda sudah mendekati besarnya usaha pesaing Anda.


Ini berhubungan dengan hidup atau mati, dan keselamatan atau kehancuran. Karenanya, ini harus dipelajari dan diperiksa dengan cermat.

"Priuk Nasi" apabila Anda gegabah dan terlalu cepat ingin menguasai lapangan permainan dengan gegabah, maka Anda akan menanggung "harga" yang lebih besar lagi. Perencanaan Harga, Tempat, Promosi, dan Target Pembeli sangat krusial sebelum Anda memutuskan untuk membuka usaha.


Kualitas jendral mengacu pada kebijaksanaan, sifat dapat dipercaya, kemurahaan hati, keberanian, dan disiplin.

Anda adalah Jendral, Pemimpin, Bos, dari usaha Anda sendiri. Bagaimana Anda memperlakukan anak buah Anda akan mencerminkan bagaimana usaha Anda akan menjadi apa kedepannya. Ibarat permainan catur, setiap bidak, bahkan pion sekalipun sangat berguna walaupun mereka belum berubah menjadi Ratu, bayangkan dengan strategi yang bagus, pion Anda juga bisa menjadi Ratu yang bisa mengobrak abrik pertahanan lawan bukan?


Metode dan disiplin mengacu pada organisasi dan kontrol, berbagai sistem dan prosedur manajemen, serta struktur perintah dan kontrol bagi penempatan sumber daya

Hal sekecil apapun seperti penempatan kompor sekalipun bisa membuat perubahan besar dalam proses produksi usaha Anda. Di quotes yang satu ini cukup menjelaskan apa arti dan maksud dari quotes itu sendiri (quotesception?)


Part 2 :
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url