4 Cara Memonetisasi Hobi Bermain Minecraft Anda

4 Cara Memonetisasi Hobi Bermain Minecraft Anda

Minecraft adalah game dengan total penjualan terbesar di dunia saat ini (hingga tahun 2020 saat artikel ini dibuat). Mojang adalah developer/pengembang game ini. Game ini dibeli oleh Microsoft pada tahun 2014 dengan nominal 2,5 milyar dollar US. Game yang pada awalnya rilis pada tahun 2009 ini memang mampu menarik banyak kalangan dari anak kecil hingga orang tua untuk bermain game ini.

Foto : Tanparagu.com


Tapi yang terpenting, apakah kamu suka bermain Minecraft?

Kalau kamu pecinta Minecraft, pas banget nih, bagi kamu yang suka main Minecraft di PC maupun di HP ataupun platform lainnya, hobi kamu yang satu ini bisa kamu monetisasi loh sebagai pendapatan sampingan ataupun sebagai pendapatan utama. Gimana caranya? Silahkan disimak ya.


1. Buat Konten di Youtube

Karir di Youtube ini sendiri pasti kamu semua sudah pada tau ya, kalau pendapatan menjadi Youtuber yang sukses itu bukan main-main loh. Kita ambil contoh Youtuber minecraft di luar negeri seperti DanTDM, Captain Sparklez, Technoblade, dll. Di estimasi pendapatan video yang diunggah ke Youtube per 1000 view bisa mencapai 1$-5$ tergantung panjang video yang kamu buat.

Biasanya sih kalau yang 10 Menitan bisa 2$-4$ loh per 1000 view. Coba kalian lihat misalnya Youtuber Minecraft : Skeppy. Dia bisa menghasilkan 1 Million view (1 Juta view) per video yang dia buat, dan rata-rata menit video yang dia buat tentunya diatas 10 menit. Kemungkinan dia bisa menghasilkan 1000$-4000$ sehari sekali hanya dengan membuat konten Minecraft seperti Trolling, PvP, Event berhadiah, Event for Fun, dll. 

Tunggu apalagi? Ayo buka Minecraft mu dan mulailah merekam.


2. Jadi Pemilik Server

Menjadi pemilik server di Minecraft ini sendiri bisa menghasilkan revenue yang menggiurkan. Kita ambil contoh Hypixel dan Mineplex. Hanya dengan menjual kosmetik (aksesoris non buff), mereka bisa meraup untung hingga 100K$ perbulannya. Tapi ingat, membuka minecraft server ini tentunya memiliki perjuangan yang cukup berat, dari marketing, programming, dll.


3. Menjadi Paid Builder Untuk Sebuah Server

Ya, kamu bisa mendapatkan uang real hanya dengan menjadi arsitek di dunia digital. Kedengarannya lucu ya? Sebenarnya tidak, pada nyatanya sebuah server yang baik juga harus memiliki landscape yang cukup menarik agar member di dalamnya tetap betah dan terus bermain di server itu. Bagi kamu yang merasa jago dalam hal landscaping di Minecraft, kamu bisa coba pasarkan skill kamu di Fiverr dan situs lainnya.


4. Fotografer digital Minecraft

Bagi kamu yang jago nge-build  sesuatu di minecraft, kamu bisa coba screenshot hasil karya digital kamu, dan publish di situs yang membayar kamu setiap kali foto kamu di download orang misalnya seperti shutterstock, dll. Kalau kami sarankan, pakai texture pack Ray Tracing supaya screenshot kamu terlihat lebih berestetika.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url