Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Emas Fisik Dari ANTAM (ANTM)

 Membeli emas memang menjadi suatu hal yang menggembirakan dan juga menjadi hal yang paling di dambakan bagi hampir semua orang di dunia ini.

Sulit dipungkiri bahwa batu mulia berkilau indah ini sering menjadi suatu standar kekayaan bagi manusia dari zaman ke zaman.

Emas sudah menjadi alat tukar dan perhiasan yang paling sering dipakai sejak berabad-abad yang lalu sebelum akhirnya mata uang FIAT mengambil alih.

Meskipun begitu, emas tetap menjadi standar dan fondasi nilai uang beberapa negara di dunia. Sehingga dapat dikatakan, uang pada umumnya ; menjadi sebuah alat tukar yang sah pengganti emas yang memang cukup sulit dibawa kemana-mana.


Apakah Emas Masih Relevan dan Menguntungkan?

Tentunya emas masih sangat relevan dan menguntungkan sebagai hedge funds untuk mengatasi nilai uang yang fluktuaktif, sehingga menjaga future value dari uang yang kita punya.

Membeli Emas Batangan atau Dalam Bentuk Perhiasan? 

Emas dalam bentuk batangan tentunya lebih mudah di pindahkan dan diperkirakan nilainya apabila disimpan dengan baik bersama dengan sertifikat keasliannya. 

Emas batangan memiliki harga yang lebih stabil dan cukup sulit di tawar-tawar ketimbang emas dalam bentuk perhiasan. 

Namun emas sebagai perhiasan tetap lah memiliki nilai apabila diberikan sebagai hadiah atau hanya sekedar aksesoris pribadi. 

Tapi dikarenakan sering dipakai dan bisa saja tergesek pada beberapa permukaan benda, emas bisa kehilangan beratnya dan pada akhirnya kehilangan beberapa nilainya. 

Belum lagi resiko perhiasan emas pada saat akan dijual, biasanya hanya toko perhiasan saja yang mau menerimanya dan tentunya spread dari harga emas tadi semakin besar karena adanya tawar menawar yang menekan sang penjual. 

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Emas Fisik Dari ANTAM

Anda harus melihat spread dari harga emas saat Anda mau membeli nya, apabila spread terlalu besar, mungkin Anda bisa menanyakan apakah ada diskon pembelian emas atau tidak. 

Spread ini singkatnya dapat digambarkan dengan harga jual dan harga beli saat itu juga. Apabila harga beli 100, dan harga jual 90, maka Anda membeli emas 100 namun Anda perlu menunggu beberapa waktu hingga emas meningkat harga jualnya sampai 100 untuk setidaknya balik modal. 

Broker emas mengambil keuntungan dari spread, jadi cari lah broker atau penjual emas yang memberikan spread terendah. 

Dimana Bisa Membeli Emas Antam? 

Emas batangan Antam paling aman dapat di beli melalui pegadaian atau menghubungi perusahaan ANTAM langsung (untuk pembelian massal). Bisa juga melalui website logammulia.com.

Namun Anda bisa mencoba peruntungan Anda dengan membeli emas ANTAM bersertifikat melalui marketplace Facebook, Bukalapak, dll. Biasanya terkadang ada yang menjual dengan harga yang lebih rendah dari harga pasaran emas, entah itu karena butuh uang, pegadaian tidak tersedia di daerahnya, atau hal lainnya. 

Tapi hal ini dapat beresiko tinggi, karena dikhawatirkan adanya emas palsu dengan sertifikat palsu yang diperjual-belikan, jadi apabila Anda tidak memiliki alat analisa emas murni yang mumpuni, Anda bisa ambil jalan aman saja dengan membeli emas melalui pegadaian.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url