Blogspot (Blogger) vs Wordpress, CMS Manakah yang Terbaik? Lihat Detail Perbandingannya Disini!

Blogspot (blogger) dan Wordpress adalah dua Content Management System (CMS) yang paling sering digunakan diseluruh dunia dalam hal membuat website tanpa harus bersusah payah dan mengerti bagaimana caranya melakukan coding.

Kedua CMS ini sendiri sering menjadi perdebatan di kalangan blogger dan atau webmaster di Indonesia. Tentunya semua orang sebenarnya ingin dimanjakan dengan fitur-fitur yang mempermudah dan mempercepat pekerjaan dalam membuat suatu konten untuk blog pribadi maupun website untuk berjualan.

Diantara kedua CMS ini, sebenarnya hanya buang-buang waktu saja apabila diperdebatkan mana yang lebih baik. Tapi kita semua tahu, ini Indonesia, hal sepele sekalipun sering kali menjadi perdebatan, mungkin karena kurangnya aktivitas atau pekerjaan yang dimiliki oleh kedua kubu yang sering berdebat hal sepele seperti mana yang lebih bagus, Blogspot (Blogger) atau Wordpress. 

Namun, Artikel ini ditujukan bagi para calon-calon blogger yang masih bingung memilih platform mana yang cocok dengan kebutuhan mereka. 

Asal Mula Blogspot (blogger) dan Wordpress

Berikut adalah penjelasan singkat asal mula dibentuknya Blogspot (blogger) dan WordPress

Blogspot (Blogger.com)

Blogspot (blogger.com) adalah platform website builder yang simple milik Google. Platform ini sebelumnya adalah milik dari Pyra Labs yang diluncurkan pada tahun 1999 sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. 

Platform yang satu ini sangat pernah menjadi platform blogging paling booming di Indonesia di tahun 2008, 2011-2013, 2015-2017. Namun pada umunya, blogspot sering digunakan oleh Pakar SEO untuk salah satu kepentingan SEO Off Page karena blogspot terkenal demgan kemudahannya dalam membangun website baru di CMS yang satu ini. 

WordPress

WordPress adalah CMS dengan pengguna terbesar di dunia yang di luncurkan tahun 2003. WordPress terkenal dengan label "CMS Open Source" yakni tidak terikat dengan peraturan yang ketat tidak seperti Blogspot.

Namun Wordpress seringkali dipakai sebagai pilihan utama untuk website builder bagi perusahaan dan brand-brand, karena terkenal dengan image "profesionalitas" yang akan dijelaskan mengapa dibawah ini. 


Kelebihan dan Kekurangan

Kedua platform ini tidak lah sempurna, karena tentunya buatan manusia yang bisa saja membuat kesalahan, atau belum bisa menemukan inovasi terbaru untuk platformnya sendiri. Berikut Kelebihan dan Kekurangan masing-masing CMS.

Blogspot (Blogger)

Kelebihan

Blogspot seperti yang kita ketahui, adalah platform website builder sekaligus hosting langsung dari Google yang menawarkan produknya 100% Gratis tanpa biaya dan hanya membutuhkan kuota Anda untuk mengaksesnya.

Beberapa content creator blog mengatakan bahwa domain yang diberikan berupa subdomain dot blogspot dot com (.blogspot.com) merupakan hal yang kurang profesional, menurut kami hal tersebut bisa diatasi dengan membeli subdomain dimanapun, dan tidak terikat oleh Google itu sendiri.

Proses pemindahan domain alias proses propagasi untuk "ditempelkan" pada blogspot Anda sebenarnya cukup mudah, dan tutorialnya bisa Anda cari di Search Engine manapun dengan keyword "cara propagasi domain ke blogspot" atau cukup meminta arahan dan bantuan dari tempat Anda membeli atau mendapatkan domain custom tersebut.

Blogspot sebenarnya merupakan hosting, dan banyak blogger pemula salah dalam mengartikan ini. 

Jadi, jika Anda mau membuat website menggunakan blogspot, Anda cukup membeli domain, dan lakukan propagasi alias "penempelan" domain custom Anda di menu Settings pada dashboard blogspot Anda.

Selain Anda bisa mendapatkan hosting cepat, aman, kebal DDOS, tanpa adanya Down Time, dan tentunya gratis dari Google melalui produknya yang satu ini. Blogspot dikenal sebagai CMS yang benar-benar Newbie Friendly. 

Tampilannya yang simple membuat orang mudah dalam mengganti tema, mengatur Tata Letak (Layout), hingga membuat post dan page (halaman). 

Satu-satunya cara untuk bisa membajak alias meng-hack website yang dibuat menggunakan blogspot adalah dengan menerobosnya melewati akun gmail Anda. 

Jadi selama Anda mengaktifkan keamanan ekstra seperti recovery email yang paswordnya berbeda, sangat disarankan untuk mengaktifkan 2-factor authentication login gmail Anda. Aktifkan untuk email recoverynya juga dengan nomor atau HP yang berbeda, maka akun Anda akan 99,99% pasti aman.

Kekurangan

Sama halnya dengan produk Google yang lain seperti YouTube. Blogger memiliki peraturan yang ketat mengenai apa saja konten yang bisa Anda tulis maupun yang tidak bisa Anda tulis. Misalnya konten hasil curian yang bahkan belum didaftarkan ke DMCA akan secara langsung dilarang untuk diindeks dengan Google Search Console saat adanya Update Algoritma Google Broad Core awal Juni 2021 yang lalu. 

Juga pada Update Algoritma Google Broad Core terbaru, konten yang di auto generate juga akan sangat sulit di terima oleh bot indexing Google. Tentunya hal ini menyulitkan untuk membantu Link Building sebuah website.

Blogspot tidak memiliki plugin yang bisa membantu SEO website Anda, jadi apabila Anda ingin mempercepat website Anda, Anda harus bisa mencari tema yang memiliki skor 90 keatas pada Google PageSpeed Insights dan kalau bisa ada penyematan code website AMP di dalam tema/templatenya.

Namun meskipun PageSpeed merupakan salah satu faktor rank, hal tersebut dampaknya hanya sekitar 5-10%, dan bisa Anda tutupi dengan Link Building Authority yang bagus, kuat, dan berkualitas, juga dengan menulis artikel dengan struktrur yang baik, kata-katanya banyak, dan readability yang baik.

Pada Blogspot, jika Anda ingin membuat website e-commerce (jualan dengan katalog produk) pada websitenya, maka akan sedikit sulit, karena Anda harus mencari template khusus yang bisa membuat postingan terlihat seperti katalog. Saat mengeditnya, Anda juga akan merasa kebingungan disana dan disini.

Tidak bisa membuat email custom secara gratis juga menjadi kendala di blogspot ini. Inilah yang sering menjadi bahan cemoohan orang-orang yang menggunakan wordpress. Karena apabila Anda ingin membuat email custom, maka Anda harus mengeluarkan kocek selain membeli domain custom.


WordPress

Kelebihan

WordPress menawarkan fitur yang tidak ada di blogspot, yaitu plugin. Beberapa plugin ini sangatlah membantu website Anda untuk mendapatkan peringkat di SERP seperti Yoast SEO hingga plugin yang bisa mempercepat loading website Anda seperti AMP dan Lazyload.

Platform juga menawarkan kebebasan bagi Anda yang ingin menyampaikan pendapat Anda melalui website pribadi Anda, selama Anda menyewa hosting yang bukan berasal dari negara yang cukup ketat dalam mengatur warga negaranya dalam menyampaikan pendapat.

Apabila Anda membeli paket hosting dengan opsi bisa membuat email custom, maka disini lah keunggulan WordPress yang membuat Anda dan website Anda terlihat lebih profesional. Misal bila Anda memiliki website tanparagu.com, Anda bisa membuat email custom dengan Anda sebagai admin penerima pesan tersebut.

Setelah di custom, nama email Anda bisa menjadi seperti ini : admin@tanparagu.com atau budi@wangikali.com. 

Di beberapa paket hosting WordPress (biasanya yang paket standard, bukan pemula/starter) Anda bisa membuat subdomain yang bisa disetel memiliki admin atau email khusus yang berbeda, sehingga bisa Anda jadikan untuk menempatkan halaman khusus, atau landing page, atau bahkan subdomain untuk niche khusus dari website Anda, misal health.detik.com yang merupakan blog niche khusus yang terpisah dari blog utama yang membahas hal lainnya yang bukan tentamg kesehatan.

Bila Anda ingin membuat website e-commerce (katalog jualan), maka wordpress sangat cocok untuk Anda. Cukul dengan install plugin WooCommerce, upload produk dan deskripsinya, ganti email tujuan pemesanan, dan hanya diperlukan sedikit edit sana sini langsung pada plugin WooCommerce tersebut, voila, website untuk jualan Anda sudah siap, dan terlihat sangat professional.

Kekurangan


Jika Anda ingin website Anda bebas Down Time, tahan DDOS, loading time yang sangat cepat, akses dashboard CMS yang cepat kilat, tahan dipasang puluhan plugin, maka Anda harus merogoh kocek jauh lebih dalam hingga ratusan ribu rupiah perbulannya. 

Dalam arti ratusan ribu bukan berarti dalam rentang 100-200 ribuan, tapi bisa sampai 500 ribuan alias setengah juta dalam sebulan saja.

Namun tenang saja, apabila Anda ingin membuat website dengan budget rendah, tentunya Anda juga harus memperkecil target pasar Anda, dan saran terbaik dari kami adalah : jangan pernah menyebar link website Anda pada grup kumpulan blogger di negara manapun khususnya di Indonesia. 

Mengapa? Hal ini membuat website Anda rentan jadi bahan percobaan hacking, ddos, dsb. Sehingga membuat website Anda mencapai kuota bandwith bulanannya lebih cepat dari yang Anda perkirakan.


Kesimpulan


Masing-masing platform memiliki nilai plus dan negatifnya tersendiri, namun pada akhirnya kekurangan dari masing-masing platform dapat ditutupi dengan Authority Link Building yang baik, kuat, berkualitas, dan relevan, serta dengan konten yang baik (Content is King).

Meskipun Anda mempunyai WordPress dengan paket terbaik dan didukung dengan SEO Tools premium sekalipun tapi kalau Anda belum mampu dalam melakukan Link Building yang benar dan menulis Artikel atau Content yang baik dan benar, maka dipastikan website Anda dapat dengan mudah dikalahkan oleh pemilik website serba gratisan yang memang paham cara melakukan SEO.

Semoga perdebatan antara kedua CMS paling terkenal di Indonesia ini dapat diakhiri dengan damai dan tidak saling menghina satu sama lain. Karena pada intinya para blogger seharusnya bisa juga menjadi pahlawan devisa dengan mendapatkan ads revenue dari ad network luar negeri.

Saran

Apabila Anda ingin membuat website dengan kebutuhan blog kelas dengan modal minim tanpa interaksi yang rahasia dengan audiens Anda, maka Anda bisa memilih blogspot, karena Anda cukup membeli domain untuk setidaknya membuat website Anda terlihat lebih professional, dan mengurangi kesan gratisan.

Jika Anda ingin membuat website untuk kepentingan bisnis/usaha dengan tujuan terlihat profesional oleh audiens, pelanggan, atau klien Anda, maka mengeluarkan uang ekstra untuk hosting dan domain custom TLD di WordPress sangatlah disarankan untuk Anda.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url