Kelebihan dan Kekurangan Senar Gitar Elixir

Sebagai pemain gitar, tentunya kita merasa bahwa senar merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam kenyamanan saat bermain gitar. Selain bentuk keseluruhan body gitar yang berperan penting dalam playability saat bermain, tentunya senar juga bisa  menjadi penentu mood untuk kita untuk rajin berlatih gitar atau tidak.

Apabila senar terlalu keras, maka bagi pemula akan sangat menyulitkan untuk cepat belajar. Sedangkan terlalu lembek juga akan menghasilkan suara yang kurang enak saat di dengar.

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis senar yang beredar di pasaran, mulai dari yang harga 2 ribuan per pcs hingga ratusan ribu per setnya. Kali ini akan dibahas senar yang tergolong high-end di pasar Indonesia, apakah worth it untuk di beli atau tidak.

        Photo by Monstera: via Pexels

Kelebihan Senar Gitar Elixir

Lebih Tahan Lama

Harga memang seringkali tidak bisa bohong. Senar yang tergolong high-end di kantong masyarakat Indonesia ini memang terbukti tangguh dalam menahan diri dari serangan keringat yang dihasilkan para gitaris Indonesia. Kualitas pelapis yang lebih tebal dibandingkan dengan senar merek lain membuat senar ini lebih tahan karat dibandingkan kompetitornya.

Tune yang Dihasilkan Lebih Jelas

Nampaknya senar Elixir memang tidak tanggung-tanggung dalam memberikan kualitas suara akustik yang lebih bass hingga bright. Dari bass, mid, hingga treble lebih terasa ketimbang senar merek lain hanya saja banyak yang mengatakan bahwa perbedaannya hanya sedikit saja pada senar Elixir akustik.

Lebih Tahan Putus

Hal ini mungkin disebabkan dengan komposisi bahan dasar yang lebih baik serta teknologi nano coating yang membuat senar Elixir lebih tahan karat serta tahan putus saat pemain gitar melakukan teknik lanjutan seperti bending, slapping, dll.

Original Photos by tanparagu.com

Kekurangan Senar Gitar Elixir

Overpriced (Kemahalan)

Banyak pemain gitar di Indonesia setuju bahwa dengan kualitas yang hanya 5% hingga 15% lebih baik dari kompetitornya namun membuat harga yang lebih mahal 100% dari pesaingnya membuat banyak sesepuh gitar lebih memilih merek lain ketimbang Elixir.

Tapi penulis sendiri berpendapat, bahwa elixir ini sendiri seperti layaknya IPhone yang juga menawarkan status sosial yang lebih tinggi ketimbang merek pesaingnya. Sehingga apabila Anda yang menginginkan terlihat lebih keren saat nongkrong atau tampil, bisa menggunakan senar Elixir ini.

Perbedaan Ketahanannya Hanya Sedikit Lebih Baik

Katakan, seperti merek D'addario sendiri dengan harga yang bisa dibanderol lebih murah, hanya memungkinkan Elixir lebih kuat 1-2 bulan dibandingkan pesaingnya yang satu ini. Membuat orang berfikir lebih baik membeli 2 set senar D'addario dibandingkan dengan membeli 1 set Elixir.

Serta pada umumnya orang di Indonesia tidak bermain untuk tampil, hanya sekedar musisi kamar saja, sehingga jarang ingin berlangganan menggunakan senar Elixir. Jikalaupun tampil di kafe atau panggung, seringkali yang berpengaruh lebih besar adalah kualitas preamp serta sound systemnya, dan tentunya tetap menggunakan senar yang cukup baik juga seperti D'addario.

Original Photos by tanparagu.com

Kualitas Senar Elixir Elektrik Kurang Memuaskan

Senar Elixir Elektrik sendiri cukup mengecewakan mengingat seberapa dalam kocek yang harus dirogoh untuk membeli "senar sultan" yang satu ini. Dibandingkan dengan pesainya seperti D'addario Electric Guitar String Silver-Plated Nickel, Senar Elektrik Elixir bahkan dikalahkan dalam segi sustain dan playability yang tentunya lebih baik pada senar besutan D'addario tersebut.

Belum lagi kita membandingkan dengan senar sekelas Ernie Ball Heavy Bottom Electric Guitar Strings, maka Senar Elixir pasti akan "ketar-ketir" melawan kualitas yang ditawarkan Ernie Ball.

Pada akhirnya Senar Elixir sendiri hanya lebih baik pada kualitas Senar Akustiknya saja, namun semua preferensi tergantung pada Anda sang calon pembeli.

Tadi adalah penjelasan kelebihan dan kekurangan senar Elixir yang dapat kami jabarkan berdasarkan pengalaman beberapa musisi yang kami tanyakan. Semoga dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan pembelian senar kedepannya. Terima kasih.

Next Post Previous Post