Perbandingan Senar Gitar Perunggu (Bronze) dan Nikel (Nickel)

Disaat memilih senar, para pemain gitar dari level pemula hingga ahli sering kali disuguhkan dengan berbagai variasi senar yang ada di pasaran. Tentunya ada beberapa juga jenis bahan dasar pembuat senar yang beredar di pasaran. Adapun yang akan dibahas kali ini ialah antara dua jenis senar yang berbahan dasar perunggu dengan nikel.

picjumbocom website via Pexels

Segi Tahan Karat

Dari segi tahan karat, umumnya senar dengan bahan dasar nikel lebih tahan karat hingga 3-6 bulan dibandingkan senar berbahan dasar perunggu (bronze). Senar berbahan dasar perunggu sendiri bisa saja mulai berkarat meskipun masih baru dipakai 3 hari. Oleh sebab itu, anda bisa mencoba beberapa tips merawat senar seperti pada artikel kami yang satu ini.

Ditambah lagi pada umumnya senar dengan bahan dasar nikel sering padukan dengan lapisan perak pada permukaannya yang lebih membuat senar nikel lebih tahan lama (silver-plated nickel guitar strings).

Segi Tahan Putus atau Patah

Lagi-lagi senar berbahan dasar nikel lebih unggul ketimbang senar berbahan dasar perunggu dalam segi tahan putus. Senar berbahan dasar nikel lebih lentur dibanding denganb perunggu yangvpada umumnya lebih kaku dan keras.

Segi Suara yang Dihasilkan

Suara yang dihasilkan oleh senar nikel umumnya lebih tipis dibandingkan dengan senar perunggu, namun sustain yang dihasilkan lebih panjang senar nikel.

Senar nikel pada umumnya dipakai pada gitar elektrik dikarenakan tension yang tidak terlalu kuat dan juga menghasilkan sustain yang lebih panjang. Bukan berarti gitar akustik tidak bisa memakai senar Nickel-Based, bahkan untuk pemula senar ini sangat kami rekomendasikan karena tidak terlalu sakit saat ditekan ketimbang Bronze-Based.

Namun senar Bronze-Based ini sendiri memiliki karakter suara yang lebih kuat dan nge-bass serta sangat cocok untuk bermain fingerstyle. Apalagi bila senar yang satu ini dipadukan dengan gitar yang mid-end hingga high-end dipasaran. Senar Bronze-Based pada umumnya hanya diperuntukkan gitar akustik dikarenakan menghasilkan resonansi yang lebih menggetarkan jiwa.

Preferensi Penulis

Penulis sendiri lebih memilih senar yang Nickel-Based dikarenakan daya tahannya yang lebih lama serta tidak memerlukan biaya maintenance yang besar. Walaupun banyak teman-teman pemusik yang mentertawakan preferensi penulis dalam memakai senar Nickel-Based pada gitar Akustik, penulis tidak menggubris, tentunya alasannya adalah kenyamanan yang terutama.

Semoga bermanfaat

Next Post Previous Post