Apa itu CEFR? Dan Bagaimana Perbandingan Nilai Konversinya Ke IELTS dan TOEFL

Apa itu CEFR? Dan Bagaimana Perbandingan Nilai Konversinya Ke IELTS dan TOEFL

Bahasa Inggris adalah Bahasa yang paling sering menjadi acuan dalam berbisnis maupun edukasi. Walaupun Bahasa Inggris merupakan Bahasa yang menduduki peringkat kedua sebagai bahasa yang paling sering dipakai (nomor satu bahasa Mandarin dengan 1,3 Milyar pengguna), Bahasa Inggris tetap menjadi standar bahkan di negeri yang berbahasa Mandarin sekalipun.

Level pemahaman bahasa Inggris dapat di deskripsikan dalam berbagai hal, namun ada yang paling sering dijadikan acuan selain nilai IELTS atau pun TOEFL, yaitu CEFR. CEFR sendiri merupakan singkatan dari "Common European Framework of Reference" for Languages.


Pexels : Ian Panelo

CEFR ini seringkali menjadi acuan utama level skill bahasa Inggris seseorang di Eropa. Berikut level-level dan deskripsi konversi nilai CEFR ke standar penilaian lainnya (IELTS dan TOEFL) skill bahasa Inggris seseorang. Dikutip langsung dari tracktest.eu.

-A1 (Beginner)

Sama dengan Cambridge BULATS dengan skor 10-19, Young Learners English (YLE) Movers.

-A2 (Elementary English)

Sama dengan Cambridge KEY (KET) certificate, BULATS dengan skor 20-39, CLB/CELPIP 4, YLE Flyers.

-B1 (Intermediate English)

Sama dengan Cambridge Preliminary (PET), BEC Preliminary, BULATS dengan skor 40-59, CLB/CELPIP 5, CAEL 50, IELTS level 4, English TOEFL dengan skor 57-86.

-B2 (Upper-Intermediate)

Sama dengan Cambridge First Certificate- English FCE certificate, BEC Vantage, BULATS dengan skor 60-74, CLB/CELPIP 6-7, CAEL 60, IELTS level 5-6, TOEFL 87-109.

-C1 (Advance English)

Sama dengan Cambridge Advanced (CAE), BEC Higher, BULATS dengan skor 75-89, CLB/CELPIP 8-9, CAEL 70, IELTS level 7, TOEFL 110-120, TOEIC dengan skor 880.

-C2 (Proficiency)

Sama dengan Cambridge English Proficiency (CPE), BULATS dengan skor 90-100, CLB/CELPIP 10-12, CAEL 80-90, IELTS exam 8-9.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url