Pengertian Annotation atau Anotasi dan Penjelasan Anotasi Pada Situs AI, LiDAR, RADAR Training

Pengertian Annotation atau Anotasi dan Penjelasan Anotasi Pada Situs AI, LiDAR, RADAR Training

Annotation adalah Bahasa Inggris dari Anotasi. Anotasi menurut KBBI berarti pemberian keterangan, penjelasan, catatan tambahan. Pada situs AI, LiDAR, RADAR Training, anotasi sangat dibutuhkan agar robot (bot) yang memiliki kecerdasan buatan semakin mengerti apa saja yang harus mereka kerjakan, hindari, dan lain sebagainya.

Anotasi ini seringkali menjadi suatu hal penting agar robot (bot) kecerdasan buatan tidak melakukan kesalahan fatal yang bisa membahayakan nyawa manusia dan juga bisa saja membuat rugi secara finansial bagi individu maupun suatu perusahaan.

Anotasi yang biasanya dilakukan pada situs AI, LiDAR, RADAR Training adalah dengan pengelompokkan atau pensegmentasian dari suatu objek untuk diberikan catatan khusus atau label khusus agar AI semakin mengerti apa yang sedang mereka hadapi atau kerjakan. Bisa saja penganotasian jalur kendaraan, bagian tubuh manusia, jenis benda dll.


Bagi kita yang di Indonesia, pastinya sangat jarang mendengar kata ini, sekalipun yang memiliki jenjang pendidikan yang tinggi. Ini mungkin disebabkan di Indonesia sangat jarang ada perusahaan yang memproduksi sistem dengan tingkat otomasi yang tinggi seperti Self Driving Car (Mobil Otonom), Virtual Assistant (Contohnya Veronika dari Telkomsel) dll.

Di Luar negeri, situs pelatihan AI ini sendiri seringkali membutuhkan pekerja lepas yang bahkan sebenarnya tidak memiliki skill yang terlalu mumpuni, namun biasanya pekerjaan yang mereka lakukan sangat terbatas, yaitu sekedar merekam atau memfoto suatu objek agar bisa diproses lebih lanjut lagi di perusahaan pengembang AI tersebut.

Apakah Indonesia memiliki perusahaan yang mempunyai situs yang membuka lowongan pekerjaan sebagai AI trainer/Annotator? Sejauh dari yang kami cari, kalau konsepnya seperti situs "ClickWorker", sepertinya tidak ada, tapi kami yakin kalau yang konsepnya Anda harus menjadi pekerja tetap di perusahaan tersebut, pasti ada, namun tentunya akan membutuhkan skill yang lebih mumpuni lagi dan Anda mungkin diharuskan memiliki skill Programming.

Mari berharap kedepannya Indonesia memiliki beberapa perusahaan Startup yang bergerak dalam bidang AI Training yang memberikan pekerjaan lepas untuk kita semua.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url