Reksa Dana Syariah vs Reksa Dana Konvensional, Mana Yang Lebih Aman dan Menguntungkan

Reksa Dana Syariah vs Reksa Dana Konvensional, Mana Yang Lebih Aman dan Menguntungkan

Bagi Anda yang ingin berinvestasi di Reksa Dana, dan sudah mengerti bahwa sebenarnya Reksa Dana ini merupakan salah satu cara berinvestasi yang aman, Anda akan di suguhkan dengan pertanyaan: Mana yang lebih baik, berinvestasi di Reksa Dana Syariah atau Reksa Dana Konvensional.

Perlu Anda ketahui terlebih dahulu, bahwasanya menanam modal dengan Reksa Dana Syariah tidak hanya diperuntukkan bagi orang Muslim saja. Benar bahwa non-muslim juga boleh berinvestasi di Produk Syariah juga seperti Deposito Syariah dan Reksa Dana Syariah.


Photo by Karolina Grabowska from Pexels


Lalu manakah yang lebih menguntungkan antara Reksa Dana Syariah dan Reksa Dana Konvensional?

Sebenarnya jawabannya tergantung. Mengapa? Karena ada beberapa orang yang menganggap kalau pergerakkan nilai saham yang kurang stabil itu tidak menguntungkan, meskipun proyeksi keuntungannya tinggi. Tapi hal tersebut masih dalam konteks "proyeksi" loh ya, bahasa awamnya "masih di awang-awang" alias belum pasti. 

Bagi orang-orang yang berfikir seperti ini, termasuk kami, hal ini kurang menguntungkan, karena Anda harus mengawasi terus menerus setidaknya sehari sekali pergerakkan harga. Padahal harapan kita menanam Reksa Dana adalah untuk menghasilkan uang dengan cara yang 99% Pasif.

Lalu ada juga yang berprinsip "High Risk High Return" yang memilih untuk menginvestasikan dananya ke Reksa Dana Konvensional. Ketika Anda memilih untuk melakukan investasi Reksa Dana Konvensional, Anda harus siap menanggung resiko yang agak sedikit lebih tinggi dari Reksa Dana Syariah.

Semua keputusan tentunya berada di tangan Anda. Kesimpulannya memang lebih aman untuk investasi di Reksa Dana Syariah dibandingkan dengan berinvestasi di Reksa Dana Konvensional. Namun soal keuntungan, Reksa Dana Syariah lebih stabil dibandingkan dengan Reksa Dana Konvensional, dan biasanya memang berinvestasi di Reksa Dana Konvensional menghasilkan keuntungan yang lebih banyak ketimbang dengan Reksa Dana Syariah.

Meskipun begitu, ada juga saatnya (seperti saat pandemi ini) Reksa Dana Syariah mengungguli Reksa Dana Konvensional yang sedang mengalami penurunan nilai hingga minus.

Kalau bagi umat Muslim, tentunya diwajibkan untuk menghindari riba, Reksa Dana Syariah memang salah satu upaya berinvestasi dalam menghindari Riba.

Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan Reksa Dana Syariah dan Konvensional

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url