Situs Transkriptor, Transcriber, Transcriptionist Unggulan Yang Merekrut Untuk Seluruh Dunia dan Membayar Mahal

Situs Transkriptor, Transcriber, Transcriptionist Unggulan Yang Merekrut Untuk Seluruh Dunia dan Membayar Mahal

Apa itu Transcriber? Transcriber merupakan orang yang melakukan transkripsi/transcription. Apa itu transkripsi? Transkripsi adalah proses penyalinan, dari sebuah bentuk gambar, video, audio, atau apapun kedalam bentuk teks agar memudahkan orang untuk membaca dan mengartikulasikan hal yang di transkripsikan tersebut.

Di Amerika Serikat sendiri, menjadi Transcriber/Transcriptionist bisa mendapatkan gaji dengan rata-rata US$20.000/Tahun (Sekitar 280Jt pertahun). Lebih hebatnya lagi ada beberapa situs transcriptionists yang membuka lowongan pekerjaan dan gaji yang ditawarkan SAMA dengan yang biasanya di berikan di Amerika Serikat itu sendiri.

Perlu diperhatikan bahwa bekerja di situs-situs transcribing ini mengharuskan Anda untuk bekerja melalui PC/Laptop/Notebook.


Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Wah bukan? Tapi jangan lupa, kamu harus memiliki pendengaran, artikulasi, dan vocabulary bahasa Inggris yang sangat baik, apabila di level CEFR, kamu setidaknya berada di level B2 hingga C2 (Upper Intermediate hingga Native/Billingual), bahkan situs ada yang minta sertifikat dengan level CEFR minimal A1 (Advanced) hingga A2.

Apa itu CEFR? Dan bagaimana nilai konversinya ke IELTS, TOEFL, dll.

Bagi yang merasa memiliki skill bahasa Inggris yang mumpuni, silahkan mencoba di beberapa situs transcribing ini. Mari buktikan apakah memang benar skill bahasa Inggris Anda memang mumpuni sesuai dengan apa yang Anda rasa :D.

Hebatnya lagi, Anda bisa memasukkan pengalam Anda menjadi Transcriber ke dalam CV (Curriculum Vitae) Anda loh. Coba lamar langsung saja, dan biasanya Anda hanya perlu menjalankan tes Transcribing langsung di situs mereka.

Berikut beberapa situs transcribing terbaik:

1. TranscribeMe!


Meskipun memiliki pekerja aktif tertinggi di antara beberapa situs yang akan kami sebutkan, TranscribeMe! masih saja memiliki daftar tugas yang sangat banyak, dengan kata lain Anda tidak perlu takut tidak kebagian pekerjaan di situs ini seketika Anda lulus tes mereka. Sangat recommended deh.


2. GoTranscript


Ini adalah situs yang menurut kami paling ketat dalam urusan aturan trankripsi nya, tapi hanya mereka lah yang paling cepat dalam memberikan kesempatan lagi untuk melamar apabila Anda gagal dalam tes hari ini misalnya, biasanya Anda diperbolehkan mencoba lagi dalam waktu 2-7 hari lagi, berbeda dengan TranscribeMe! yang hanya memperbolehkan mencoba tes lamaran kerja mereka lagi setelah 30 Hari atau lebih.

Soal ketersediaan perkerjaan, GoTranscript sebenarnya hampir sama dengan TranscribeMe! kok, fokus saja bagaimana kualitas transkripsi Anda saat sudah diterima kerja di situs ini ya.

3. Rev.com


Soal ketersediaan pekerjaan, Rev.com juga memiliki banyak audio yang siap untuk Anda kerjakan. Tapi menurut pengalaman pribadi kami, Rev merupakan situs yang paling memiliki standar tertinggi. Bahkan saat mencoba tes mereka saja, kami sampai berkali-kali coba masih gagal (padahal level CEFR Owner Tanparagu.com B2/C1 loh *uhuk*). Dengan kata lain, kemungkinan Anda diterima apabila Anda benar-benar fasih dalam berbahasa Inggris (CEFR C1 alias Native/Bilingual). Tapi siapa tahu peruntungan Anda baik, Anda bisa coba-coba dulu kok, gratis 100%.

Mereka memiliki rentang waktu lamar kembali 45-60 hari.


4. Scribie


Scribe mengklaim telah membayar lebih dari US$2 Juta ke para trancriber bersertifikasi mereka, namun sayangnya, Anda harus memiliki Akun Paypal yang terverifikasi alias tertaut dengan rekening bank Anda dan Kartu Kredit Aktif yang belum terblokir (mungkin karena menunggak/limit). Menurut ulasan para pekerja yang bekerja disana, bayarannya sama kok dengan situs transcriber peringkat 1-3 di list ini, yaitu berkisar 0.80$-1.5$ per menit audio, dengan kata lain, apabila Anda mentranskripsi audio dengan panjang waktu 10 menit, Anda dibayar 8$-15$, hebat bukan? Eits pastikan dulu skill Inggris Anda benar-benar baik ya.


5. CrowdSurf


Kalau situs Transcribing yang satu ini lebih parah lagi persyaratan diawalnya, yaitu memiliki paspor internasional yang masih aktif dan Verified Paypal Account (Akun Paypal terverifikasi) seperti Scribie tadi. Soal bayaran sih agak lebih murah, biasanya mereka antara 0.3$-0.8$ per menit audio, tapi hitung-hitung sebagai latihan Anda untuk bisa di terima di top 3 situs transcriber yang kami sebutkan diatas.

6. QA-World


Menurut kami ini adalah situs yang paling mudah untuk menerima orang, tapi tentunya juga sedikit pekerjaan yang biasanya diberikan, saat kami diterima bekerja di situs ini, kami kaget melihat dashboard yang kosong, lalu tapi kami  coba refresh setiap 1 menit sekali, ternyata ada yang muncul dan langsung hilang dengan sangat cepat. Dengan kata lain, situs ini masih memiliki sedikit proyek transcribing, dan juga menurut pengalaman kami di situs Transcribing lainnya, situs ini adalah yang paling membayar murah, yaitu 0.2$ per menit audio, walaupun mereka menetapkan sistem bonus.

SISI POSITIFNYA dari situs ini adalah, mereka tetap membayar apabila Anda hanya setidaknya benar dalam mentranskripsikan audio yang ada dengan tingkat ketepatan 60% alias bintang 3 dari 5.

Jujur, kami latihan mentranskripsi dari situs ini. Pokoknya sangat direkomendasikan bagi yang benar-benar baru mau mencoba mentranskripsi.


7. Crowdsurf


Kami juga baru dengar, tapi kami akan coba kedepannya untuk melakukan review dari situs ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url