5 Aplikasi Tuner/Penyetem Gitar Terbaik (Guitar Tuner) di App Store dan Play Store

Jika Anda sering bermain gitar, pasti Anda pernah merasakan suara gitar Anda sudah tidak harmonis atau terdengan fals alias suaranya "sumbang". Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan gitar mengeluarkan suara yang sumbang. 

Namun pada umumnya hanya disebabkan oleh "Tuning" Gitar yang "Out Of Tune" alias harus di Tuning atau distem ulang lagi agar gitar kembali mengeluarkan suara yang merdu.

Ada banyak cara untuk melakukan penyeteman, mulai dari stem sendiri dengan menyamakan suara dengan not di piano. Ada juga bagi musisi yang sudah handal dan hafal frekuensi suara dari senar yang akan distem sehingga Ia hanya perlu memutar "Tuning Peg" alias kuping gitar sambil memetik senar yang sedang distem tanpa harus memakai alat bantu apapun. 

Stem gitar pada jaman dahulu bagi musisi yang masih amatir bisa dengan bantuan garpu tala bernada khusus.


 

Dari cara itu semua memang sangatlah terdengar sulit dan merepotkan. Bayangkan saja kalau Ana masih amatir, dan harus membawa garpu tala nada khusus kemana-mana. 

Pada sekitar tahun 1980-2000an, musisi sudah bisa menikmati tuning digital dengan pedal tuning sehingga tuning yang dilakukan bisa dilakukan dengan tepat dan cepat, tapi satu kelemahannya adalah mahal dan juga memerlukan aliran listrik dari amplifier serta agak ribet kalau mau dibawa kemana-mana

Bersyukurlah dijaman sekarang ini, sudah ada tuning digital yang hanya perlu menangkap frekuensi suara dari senar yang akan di setel dengan menggunakan mikrofon dari Smartphone kita, dan alat tuning itu sudah di kemasa dalam bentuk aplikasi yang cukup ringan dan bisa kita bawa kemana-mana.

Bagi yang sudah tahu adanya aplikasi tuning gitar, tentunya terkadang masih bingung aplikasi mana yang paling terbaik dari ratusan aplikasi yang ada di App Store (iPhone) dan Play Store (Android).

Berikut beberapa aplikasi tuning gitar/stem gitar (Guitar Tuner) terbaik yang ada di Android dan iPhone.

1. Pro Guitar Tuner - ProGuitar



Kontroversial bukan? Kami tidak memasukkan GuitarTuna sebagai rating pertama dalam Guitar Tuner terbaik? Padahal kalau dilihat dari hampir semua website yang membahas tentang ini, mereka memilih GuitarTuna dikarenakan memang GuitarTuna muncul teratas di pencarian Play Store, mungkin mereka tidak benar-benar mencoba aplikasi satu-persatu, dan bukan berarti GuitarTuna jelek ya.

Ini beberapa alasannya :

- ProGuitar lebih ringan, hanya sekitar 10 MB, GuitarTuna 47 MB, kami coba di Hp teman yang ber-RAM 1 Gb dan 2 Gb, performa dari GuitarTuna kalah jauh dengan ProGuitar.
- Stem Kromatik Gratis, alias Anda bisa menyesuaikan tuning gitar seperti apapun yang Anda mau, entah itu Tuning Standard, Open, Drop, Lowered Standard.
- Tampilan simple tapi tetap elegan dan seperti vintage klasik.

Kelemahannya, bagi yang benar-benar baru memegang gitar, alias tidak punya pengalaman sekali, tuning dengan Pro Guitar ini agak membingungkan, menurut hasil riset kami kepada teman-teman kami yang baru mau belajar gitar, tapi kalau sudah diajarkan selama 5 menit saja, bisa mengerti dan lebih cepat berkembang dibandingkan dengan GuitarTuna, dan tidak ada Chord Diagram seperti di GuitarTuna.

2. GuitarTuna - Youcisian



Walaupun dari segi performa masih dibawah ProGuitar, kami memberikan GuitarTuna menjadi ranking 2 karena adanya Chord Diagram, jadi bagi para pemula yang ingin tahu bentuk sebuah akord, bisa melihat dari aplikasi ini langsung tanpa harus membuka google lagi. 

Nilai plus yang sangat besar juga adanya "Pelatih Chord" yang bisa melatih pendengaran Anda dalam mengenal suara dari sebuah chord atau nada. Kelebihan lainnya adalah tidak ada iklan seperti ProGuitar walaupun Free Version.

Kelemahannya, kalau Anda mau menyetem ke Drop D misalnya, Anda harus merogoh kocek untuk membeli akun "Pro" mereka. Bisa sih dipaksakan, hanya saja Anda harus tau berapa angka "turunnya" kalau Anda mau menurunkan nada setelan gitar Anda (bisa diperhatikan ada angka yang disamping garis lurus seperti -21 atau lain sebagainya). Ribet bukan kalau ingin setelan Open seperti lagu Seluruh Nafas Ini dari Virgoun-Giselle, atau bahkan Standard Eb atau D?

Punya HP dengan RAM dibawah 3 GB dan processor yang kurang kuat alias belum Quad-Core keatas? Masih bisa kok, tapi silahkan berjuang ditengah lag yang akan kalian hadapi.

3. Free Guitar Tuner Fender - Fender Digital



Aplikasi Tuner yang satu ini cukup mengejutkan. Sangat stabil untuk setem gitar elektrik, namun kurang stabil (tetap bagus sih) untuk setem gitar akustik. Mungkin karena memang fender memiliki spesialisasi di Gitar Elektrik.

Kelemahan lainnya adalah ukuran aplikasinya yang besar (90 MB keatas).

4. Guitar Tuner - UX Apps



Cukup stabil untuk tuning, tapi tampilannya terlalu simple dan kurang Catchy menjadi nilai negatif dari aplikasi tuner yang satu ini. Ada berbagai jenis tuning yang bisa Anda pilih. Besar aplikasi ini hanya 3MB an.

5. Ultimate Guitar Tuner - Tabs4Acoustic



Sebenarnya aplikasi ini bisa saja setidaknya menduduki peringkat 3 di list ini, tapi seringnya crash yang membuat force close dari aplikasi ini (semoga kedepannya sudah diperbaiki) yang membuat kami menempatkan di peringkat 5, dan nilai tambah dari aplikasi ini adanya tuning untuk Ukulele, Bass, Biola yang terpadu dalam satu aplikasi ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url