6 Tujuan Utama Organisasi atau Perusahaan Memberikan Kompensasi Pada Karyawannya - Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

6 Tujuan Utama Organisasi atau Perusahaan Memberikan Kompensasi Pada Karyawannya

Kompensasi adalah bentuk dari hadiah dalam bentuk fisik maupun non-fisik yang diberikan kepada seorang karyawan dari perusahaan atau anggota dari organisasi sebagai bentuk rasa terima kasih dari perusahaan atau organisasi karena karyawan/anggota tersebut sudah bekerja dengan sangat baik dan bahkan melebihi ekspektasi.

6 Tujuan organisasi memberikan kompensasi pada karyawannya adalah: 

Pexels : Andrea Piacquadio


1. Mendapatkan karyawan yang berkualitas 

Untuk memenuhi standar yang diminta organisasi. Dalam upaya menarik calon karyawan masuk, organisasi harus merangsang calon-calon pelamar dengan tingkat kompensasi yang cukup kompetitif dengan tingkat kompensasi organisasi lain. 


2. Mempertahankan karyawan yang sudah ada 

Dengan adanya kompensasi yang kompetitif, organisasi dapat mempertahankan karyawan yang potensial dan berkualitas untuk tetap bekerja. Hal ini untuk mencegah tingkat perputaran kerja karyawan yang tinggi dan kasus pembajakan karyawan oleh organisasi lain. 


3. Menjamin keadilan 

Adanya administrasi kompensasi menjamin terpenuhinya rasa keadilan pada hubungan antara manajemen dan karyawan. Dengan pengikat pekerjaan, sebagai balas jasa organisasi atas apa yang sudah diabdikan karyawan pada organisasi, maka keadilan dalam pemberian kompensasi mutlak dipertimbangkan. 


4. Perubahan sikap dan perilaku

Adanya kompensasi yang layak dan adil bagi karyawan hendaknya dapat memperbaiki sikap dan perilaku yang tidak menguntungkan serta memengaruhi produktivitas kerja. Prestasi kerja yang baik, pengalaman, kesetiaan, tanggung jawab baru dan perilaku-perilaku lain dapat dihargai melalui rencana kompensasi yang efektif. 


5. Efisiensi biaya 

Program kompensasi yang rasional membantu organisasi untuk mendapatkan dan mempertahankan sumber daya manusia pada tingkat biaya yang iayak. Dengan upah yang kompetitif, organisasi dapat memperoleh keseimbangan dari etos kerja karyawan yang meningkat. Tanpa struktur pengupahan dan penggajian sistematik organisasi dapat membayar kurang (underpay) atau lebih (overpay) kepada para karyawannya. 


6. Administrasi legalitas 

Dalam administrasi kompensasi juga terdapat batasan legalitas karena diatur oleh pemerintah dalam sebuah undang-undang. Tujuannya agar organisasi tidak sewenang-wenang memperlakukan karyawan sebagai aset perusahaan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url