Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik Terbaik

Serangan maag seharusnya bisa ditangani apabila kita tetap tenang dan tidak terlalu panik tapi tetap fokus untuk melakukan apa yang seharusnya kita lakukan. 

Berikut beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan apabila serangan maag tiba-tiba menyerang.

Photo by Artem Podrez from Pexels

1. Minum Obat

Untuk yang satu ini memang terdengar suatu hal yang sudah sepatutnya menjadi pengetahuan umum. Hanya saja walaupun begitu, masih saja banyak orang yang menganggap sepele untuk mempersiapkan obat maag darurat di saku atau dompet mereka setiap kali berpergian. Kami sarankan untuk selalu membawa setidaknya satu atau dua tablet obat maag kunyah siap makan, dan jangan lupa memberi tanda expire datenya.


2. Makan Oats

Quaker Oats (Bukan Endorse) atau makanan havermut (oatmeal) dipercaya mampu menyerap asam dari lambung kita dan mempercepat proses peredaan serangan maag dan asam lambung yang mendadak. (Sumber Halodoc.com).


3. Makan Biskuit

Perlu diperhatikan kalau biskuit yang Anda makan seharusnya bebas dari ragi dan sejenisnya dan juga susu yang terlalu banyak serta lemak yang terlalu banyak pula juga. 

Misalnya biskuit ATB (Bukan Endorse) merupakan salah satu biskuit yang menurut kami merupakan biskuit yang cocok untuk membantu meringankan serangan Maag dan Asam Lambung.


5. Makan Nasi

Jika ke-empat hal diatas tidak tersedia, Anda tetap bisa memakan nasi putih tanpa ada lauk dan cukup 1-2 sendok makan saja, karena inti dari mempertahankan diri dari serangan maag adalah jangan sampai lambung terlalu lama kosong.


5. Minum Madu

Madu memang terkenal sebagai salah satu sumber makanan terbaik yang sudah dikenal di seluruh belahan dunia ini. 

Makanan yang satu ini kerap kali dicap sebagai rajanya makanan. Madu memang dikenal juga sebagai salah satu obat tradisional yang terbukti memiliki gizi dan enzim dari lebah yang bersifat anti virus, anti bakteri, dan anti inflamasi alias anti peradangan. 

Sering kali asam lambung dan maag menyebabkan kerongkongan terasa terbakar yang disebabkan sifat asam dari asam lambung itu sendiri. Disinilah Madu bekerja sebagai anti inflamasi pada tenggorokan dan kerongkongan.


6. Kelola Stress

Mari sama-sama jangan terlalu memikirkan penyakit yang sedang menyerang Anda, jangan lupa berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga tetap berikhtiar sepenuh hati untuk mencoba menyembuhkan penyakit yang Anda idap. 

Sabar dan Ikhlas tapi tetap melakukan suatu aksi yang cukup signifikan untuk mencoba sembuh.


7. Atur Posisi Tidur

Posisi tidur yang terbaik bagi penderita Maag dan/atau Asam Lambung adalah miring ke kiri, ya meskipun kita sama-sama tahu kalau sunah Rasul itu miring ke kanan, tapi jangan lupa kalau mencoba untuk sembuh merupakan salah satu bentuk jihad. 

Jangan lupa Pakai Bantal dengan ketinggian minimal 15-25 cm agar membantu asam lambung diserap kembali ke dalam lambung dan mempercepat proses penyebuhan.

Harus diperhatikan bahwa apabila Anda adalah salah satu orang yang mengidap maag dan/atau asam lambung, Anda harus menjaga pola makan yang teratur dan juga menjaga makanan Anda dari beberapa makanan pantangan orang yang mengidap penyakit maag dan/atau asam lambung. 

Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi tubuh dimanapun dan kapanpun apalagi disaat-saat seperti ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url