Makanan & Minuman Pantangan Bagi Pengidap Maag dan GERD (Asam Lambung)

Makanan & Minuman Pantangan Bagi Pengidap Maag dan GERD (Asam Lambung)

Pengidap penyakit Maag dan GERD (Asam Lambung) merupakan salah satu orang yang kurang beruntung. Mengapa begitu? Karena selalu saja ada banyak pantangan makanan yang dulu sering kita makan saat masih kecil, lalu tiba-tiba saat sudah berumur saat sekarang ini, banyak makanan favorit yang terpaksa tidak bisa kita makan lagi karena penyakit ini.

Lalu tentunya hanya ingin berbagi apa saja pantangan makanan & minuman bagi orang yang mengidap penyakit ini, dan pengalaman ini tentunya juga dirangkum dari beberapa orang yang sama-sama mengidap penyakit ini.

Photo by Polina Zimmerman from Pexels

Tentunya sesuai disclaimer kami, bahwa tidak semua orang akan mengalami kadar toleransi yang sama, dan apabila ada yang ingin ditambahkan boleh beri pendapat di kolom komentar.

1. Makanan Bersantan

Gulai segala jenis gulai, apalagi kalau santannya sangat kental, bisa saja terkadang membuat perut akan terasa panas dan bergejolak dari dalam sekalipun gulainya bukan gulai yang pedas melainkan dengan rasa yang manis.


2. Minuman Beralkohol

Tentunya minuman beralkohol sangat harus dihindari bagi pengidap maag dan juga tentunya harus dihindari apabila Anda seorang muslim.


3. Minuman Berkafein Tinggi

Kopi, Energy Drink, dan bahkan kalau Anda yang mengidap asam lambung akut, sangat disarankan jangan meminum Teh yang diseduh sangat kental. Bukan berarti kita tidak bisa meminum minuman berkafein tinggi seperti yang disebutkan tadi, bisa, kita ambil permisalan teh, kalau ingin menyeduh teh janganlah dibuat terlalu kental, dan usahakan selalu menambahkan gula. Kopi juga tetap bisa dikonsumsi, hanya saja dosisnya diturunkan atau kadar roasting harus lebih "digosongkan" lagi.


4. Tahu

Kalau yang satu ini kami temukan memang ada beberapa orang yang tidak bisa memakannya, entah itu karena adanya senyawa yang dihasilkan oleh tahu saat proses pembuatannya atau hal lainnya. 


5. Timun

Ya, memang timun bisa membuat iritasi di lambung namun hanya untuk beberapa orang saja (dikutip dari Halodoc). Sebagai catatan, penulis juga termasuk orang yang naik asam lambungnya saat mengkonsumsi timun. 


6. Tauge

Ada bebeapa orang di beberapa forum kesehatan bahwa mereka merasa lambung mereka terasa bergejolak ketika mengkonsumsi tauge, ada bebrapa dokter yang menjawab bahwa ini kemungkinan karena sifat "dinginnya" tauge yang memicu naiknya asam lambung.


7. Bawang Putih dan Bawang Merah

Bukan berarti benar-benar menjadi pantangan kalau untuk yang dua ini. Cukup mengurangi banyaknya Bawang Putih dan Bawang Merah setiap kali Anda memasak, maka lambung Anda akan aman.


8. Roti dan Makanan Ber-Ragi Lainnya

Walaupun roti menjadi salah satu sumber karbohidrat, sungguh sangat disayangkan setiap makanan yang sudah "bersentuhan" dengan ragi (Yeast), termasuk sebagai makanan yang seharusnya Anda hindari setiap saat.


9. Susu Tinggi Lemak

Usahakan untuk selalu minum susu yang ber label Low Fat atau Bebas Laktosa agar Maag dan Asam Lambung tidak kambuh saat Anda mencoba meminum susu untuk asupan kalsium dan protein hewani.


Penulis : Andi Rahman

Editor : Yudha Amin

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url