Pecinta Kopi? Coba Ini Agar Sensasi Minum Kopi Jauh Lebih Nikmat Dari Biasanya

Pecinta Kopi? Coba Ini Agar Sensasi Minum Kopi Jauh Lebih Nikmat Dari Biasanya

Bagi para pecinta kopi, tentunya rasa kopi yang kita minum menjadi faktor utama dan soal harga bisa menjadi nomor dua. Tapi tahukah Anda, bahwa tidak selamanya kopi yang enak itu selalu mahal, ada banyak faktor juga yang membuat kopi dengan harga murah (selama itu kopi asli), bisa berasa enak. Berikut beberapa cara agar sensasi minum kopi Anda lebih nikmat dari biasanya.

Photo by Jonathan Borba from Pexels


1. Biasakan membeli kopi grade 1 (Premium).


Kopi ini memang terdengar mahal, tapi kalau dihitung sendiri, harganya cuma beda tipis dari kopi instan yang biasa Anda minum. Tentunya lebih sehat karena Anda bisa mengontrol kadar gula dan jenis gula yang Anda berikan, serta kopi yang Anda beli dari Roastery terdekat bisa lebih sehat karena tidak mengandung pengawet.

2. Jangan menyeduh kopi dengan air panas mendidih.


Suhu terbaik untuk menyeduh kopi adalah sekitar 85 derajat Celsius, atau bagi Anda yang tidak punya termometer, cukup diamkan air yang panas mendidih baru saja Anda masak selama 5-7 menit tanpa di kipas.

3. Cobalah untuk menyeduh kopi pada gelas atau keramik, jangan bahan yang lain.


Ada beberapa penelitian bahwa kalau air panas beradu dengan plastik, bisa menyebabkan reaksi kimia terhadap air panas tersebut yang bisa membuat rasa dari kopi agak terasa aneh.

4. Simpanlah Kopi Pada Toples dan tutup Rapat, jangan terkena sinar matahari langsung.


Jika kopi kita biarkan terekspos dengan udara, tentunya hal ini dapat membuat kopi berbau "apek". Hal ini juga bisa terjadi apabila kopi disimpan terkena sinar matahari langsung dan panas dari penghangat ruangan, kompor, dll.

5. Jadilah bersih, jangan menyeduh kopi di gelas yang belum Anda cuci.


Rasa kopi yang di seduh pada gelas yang tidak bersih dari pemakaian sebelumya, dapat terpengaruhi dari apa yang kita buat di gelas yang tidak bersih tersebut.

6. Ada banyak cara menyeduh kopi selain Tubruk yang bisa kita buat.


Manual brew tidak hanya terpaku pada Tubruk saja, kita bisa sedikit "memodifikasi" rasa dari kopi dengan menyeduh kopi pada alat-alat manual brew lainnya seperti V-60, Vietnam Drip, Chemex, dll.

Penulis : Andi R. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url