Cara Merawat Senar Gitar Agar Awet, Mudah dan Murah.

Bagi para gitaris maupun pemain bass, senar yang berkarat adalah pengalaman yang paling tidak menyenangkan untuk Anda, inilah mengapa tips dan cara merawat senar gitar ini sangat penting bagi Anda.

Disamping bisa memperburuk playability, senar yang masih berumur relatif muda tapi sudah berkarat bisa menjadi faktor yang membuat senar gitar Anda terdengar bantet alias "mati". Ya, senar gitar bisa berkarat, bahkan yang original sekalipun, dan dalam waktu 2-4 minggu apabila tidak dirawat, Anda bisa melihatnya.

Pixabay : Rahu

Tapi, mengapa senar bisa mudah berkarat? Jawabannya singkat saja, yaitu keringat, air, dan oksigen/udara. ketiga faktor ini adalah hal yang biasanya membuat senar jadi cepat berkarat.

Mungkin beberapa dari Anda berfikir, kalau senar kan terbuat dari besi, mengapa tidak mengaplikasikan minyak saja agar tidak mudah berkarat?

Benar, cara terbaik untuk merawat senar agar tidak mudah berkarat adalah dengan melindunginya dengan minyak dan juga sebisa mungkin kalau Anda akan bermain gitar, pastikan bahwa tangan Anda bersih dari keringat dan air yag menempel pada jari Anda.

Tapi, sayangnya setelah beberapa eksperimen yang kami lakukan, tidak semua senar cocok untuk diaplikasikan ke senar sebagai anti karat, dan bahkan malah ada beberapa jenis minyak yang malah mempercepat karat timbul karena sifat minyak tersebut yang malahan mengumpulkan kotoran-kotoran pada jari dan menempelkannya pada senar yang bisa membuat senar gampang bersuara seperti "mati".



Beberapa Jenis Minyak yang Cocok Untuk Senar


1. Minyak kemiri Cap tiga Anak

Maaf bukan Endorse, tapi sejauh ini, memang minyak ini lah yang dapat dibanderol dengan harga yang relatif murah, baunya sedap, dan tidak terlalu mengganggu playability. 

Cukup oleskan minyak ini 3 hari sekali untuk senar akustik, dan 1 minggu sekali untuk senar elektrik, maka senar Anda dapat mempertahankan kualitas suaranya dan lebih awet.

Jangan dipakaikan terlalu banyak, dan juga apabila Anda memakaikan minyak ini terlalu banyak, cukup dikeringkan dengan tisu saja.

2. Minyak Lemon Dunlop

Memang minyak yang satu ini dikhususkan untuk fretboard, tapi siapa sangka, setelah kami coba, minyak yang satu ini cukup baik untuk mempertahankan kualitas senar dari segi playability, awet dari karat, dan mempertahankan kualitas suara yang dihasilkan.

3. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun memang tergolong mahal, tapi setelah dicoba, playability, awet, dan kualitas suara dari senar yang dioleskan oleh minyak ini mampu bertahan cukup lama.

4. String Angel TCM

Yang satu ini buatan cina, tapi kami juga belum tau pasti sebenarnya ini minyak atau wax. Tapi yang jelas TCM memang bisa melindungi senar Anda dari karat.

Kelemahan dari String Angel TCM ini adalah harganya yang relatif mahal, karena pemakaian hanya diperlukan beberaa hari sekali saja, namun pada saat tidak dipakai, TCM bisa mengering sendiri (walaupun tidak terlalu cepat) seiring waktu meskipun sudah tertutup rapat.


Beberapa jenis minyak yang kurang cocok untuk senar


1. Minyak Goreng

Selain membuat playability semakin tidak nyaman, minyak goren bisa membuat senar Anda lebih cepat kotor dan akhirnya berkarat.

2. Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih memang bisa menangkal masuk angin pada badan manusia, tapi sayangnya kurang bisa untuk menangkal "masuk angin" pada senar di gitar kita. 

Walaupun jujur, kalau dari segi performa, minyak kayu putih masih lebih "bersih" dibandingkan dengan minyak goreng, hanya saja playability yang dihasilkan minyak ini malah membuat senar terasa kesat.

3. Minyak Kelapa

Hampir sama alasannya seperti minyak goreng, tapi yang mengejutkan, playability bisa sama dengan menggunakan minyak khusus senar seperti merk TCM dll.

Minyak Tanah

Jujur, memang minyak tanah menurut hasil eksperimen kami, bisa menahan serangan karat, hanya saja perlu diaplikasikan setidaknya 1 minggu sekali dan bau dari minyak tanah ini sangat tidak nyaman bagi kita dan bagi orang lain yang menciumnya.

4. Minyak Bensin

Cepat menguap, dan malah membuat senar terasa lebih "fragile".

5. Solar

Baunya yang tidak sedap, membuat kami bahkan tidak melanjutkan untuk bereksperimen pada senar dengan solar. 



Tadi adalah beberapa jenis minyak yang bisa dipakai untuk merawat senar gitar agar tidak mudah berkarat dan mudah putus. 

Namun tidak semua hal tersebut menjamin keawetan senar Anda, misal ada beberapa faktor lain juga yang menentukan apakah senar Anda bisa awet atau tidak seperti Suhu, Keringat di jari, setelan yang tidak sesuai dengan besar "gauge" dari senar, dll.

Baca Juga : 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url