Apakah Propolis Memang Aman Untuk Dikonsumsi? Cek Faktanya Disini

Apakah Propolis Memang Aman Untuk Dikonsumsi?


Propolis adalah senyawa sejenis resin yang dihasilkan oleh lebah madu yang biasanya mereka gunakan untuk menutup lubang pada sarang mereka. Propolis dipercaya dapat menyembuhkan bermacam penyakit mulai dari infeksi bakteri, virus, luka, dan lain sebagainya.

Pexels

Pada zaman Mesir kuno orang-orang dari Mesir seringkali menggunakan Propolis ini sebagai salah satu bahan campuran untuk memumikan manusia sebelum mereka dimakamkan.

Peneliti sudah menemukan lebih dari 300 jenis senyawa yang ditemukan dalam propolis ini titik salah satunya adalah polifenol yang dipercaya menjadi senyawa yang dapat menyembuhkan kan beberapa jenis infeksi.


Menurut Para Peneliti, Propolis Berguna Untuk :


Sedikit Meringankan Penyakit Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada propolis dapat membantu SEDIKIT mengontrol gula darah.

Tapi Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter apakah Anda boleh mengkonsumsi propolis bagi Anda penderita diabetes.


Cukup Ampuh Mengobati Herpes Oral

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengoleskan krim khusus herpes yang mengandung Propolis, dapat mempercepat penyembuhannya.


Mempercepat Penyembuhan Luka

Propolis khusus medis terbukti sangat ampuh mempercepat penyembuhan bekas luka. (Sumber)

Ini mungkin disebabkan karena adanya enzim yang ada pada madu lebah juga yang dapat membunuh bakteri dan virus. 


Dapat Disimpulkan Bahwa Propolis Relatif Aman, Meskipun Cukup Aman, Perlu Diperhatikan Bahwa

Propolis dapat menyebabkan beberapa jenis alergi yang mungkin disebabkan karena adanya serbuk sari di dalamnya, oleh karena itu, sangat di sarankan untuk tetap bertanya ke staf medis atau dokter sebelum mengkonsumsi propolis. 


Berhati-Hati Dengan Produk Palsu dan Janji Palsu Pedagang Pembohong

Seperti biasa, apabila ada yang asli, selalu ada pedagang nakal yang mengada-ada dan bahkan mencampur bahan asli dengan bahan lainnya (oplos) untuk meraih keuntungan yang lebih besar.

Anda bisa mencoba untuk membeli propolis ini pada beberapa aplikasi Belanja Online seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll. Perlu diperhatikan dan sangat disarankan bahwa Anda lebih baik melihat review dari propolis yang Anda akan beli, bagaimana orang-orang yang telah beli sebelumnya berpendapat tentang produk propolis yang dijual oleh penjual tersebut. 


Penulis : Yudha Amin

Editor : Andi Rahman

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url