Susah Tidur atau Insomnia? Coba Cara Ini Untuk Bisa Tidur Lelap Malam Ini

Susah Tidur atau Insomnia? Coba Cara Ini Untuk Bisa Tidur Lelap Malam Ini


Susah tidur sering dialami oleh banyak orang di Indonesia. Insomnia adalah bahasa medis dari Susah Tidur ini. Tapi tahukah Anda kalau Insomnia ini memiliki banyak faktor yang dapat menyebabkannya? Dan tahukah juga Anda kalau Insomnia ini memang bisa disembuhkan meski tanpa mengkonsumsi obat?

Photo by Александар Цветановић from Pexels


Insomnia ini sering kali muncul karena adanya kecemasan berlebih pada setiap orang yang mengalaminya. 

Kecemasan yang ditimbulkan umumya disebabkan oleh:

- Rasa cemas terhadap hari esok, entah itu karena adanya tugas kantor atau hal lain sebagainya.

- Penyakit, berupa asam lambung yang naik pada malam hari. Ada beberapa penelitian yang mengatakan sekitar 25% asam lambung muncul saat malam hari, dan hal ini membuat sulit tidur atau insomnia.

- Udara yang tidak mendukung, biasanya udara yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa menjadi hal yang menyebabkankan insomnia, namun hal ini biasanya cukup mudah untuk diatasi, yaitu apabila udara panas, kita bisa mencoba mendinginkan ruangan tempat kita tidur dengan Kipas ataupun AC.

Apabila udara terasa dingin, kita bisa langsung memakaikan jaket tebal dan kalaunoerlu ditambahkan dengan selimut dan kaus kaki serta sarung tangan dan penutup kepala. 


Apabila Disebabkan Rasa Cemas Berlebih Dikarenakan Pekerjaan atau Tugas Kuliah/Sekolah

Jangan terlalu dipikirkan hari esok. Fokus lah memikirkan sesuatu yang menyenangkan, entah itu pengalaman jalan-jalan, atau cobalah mendengar lagu yang slow, bagi teman muslim bisa mencoba mendengar ayat-ayat suci Al-Qur'an, dan lain sebagainya.

Mungkin memang ada tanggung jawab yang belum di selesaikan. Bagaimana lagi, ketika waktu sudah malam dan kemungkinan Anda menyelesaikan tugas-tugas yang belum Anda selesaikan semakin kecil.

Jika Anda memaksakan diri silahkan, tapi jika Anda seringkali melakukan hal seperti ini, Anda bisa jadi "menabung" sakit untuk masa tua nanti.

Biasanya hal seperti ini muncul karena kurangnya manajemen waktu dan manajemen diri Anda sendiri. 

Sering menunda-nunda pekerjaan adalah hal yang tidak baik. Lain kali, salahkan lah diri Anda yang menganggap sepele pekerjaan entah itu tugas kuliah/sekolah atau kantor.

Manajemen diri, ini biasanya menjadi momok yang berbahaya bagi diri Anda apabila anda tidak mengatur rasa "menginginkan sesuatu yang lebih". Seringkali di jumpai bagi orang-orang yang "kejar target" berlebihan demi kekayaan. 

Bukan berarti hal seperti ini salah, tapi apabila saat ini pendapatan Anda sedikit berlebih, janganlah terlalu egois untuk mengambil pekerjaan lainnya itu dengan alasan kejar target untuk membeli barang super mewah, hingga akhirnya melupakan kesehatan Anda.

Ingat, HEALTH > WEALTH

Apabila Anda bisa mendapatkan kekayaan dengan mengorbankan kesehatan Anda, percayalah uang tersebut malah akan terpakai untuk menyembuhkan penyakit Anda saat tua nanti.

Lalu Bagaimana Kalau Memang Bos/Guru/Dosen Kami Memberikan Pekerjaan Yang Banyak, Ditambah Kami Juga Ada Urusan Lain Seperti Mengurus Anak, Kerja Sampingan dan Lain Sebagainya? 

Apabila dalam kasus ini Anda diberi tugas yang banyak oleh Bos, bisa untuk beberapa kali saja Anda bisa mengorbankan sedikit kesehatan Anda untuk memaksakan diri mengerjakan pekerjaan tersebut, selama masih Anda memang dibayar oleh perusahaan.

Lain kali, belajarlah berpolitik, cobalah rayu bos Anda untuk tidak terlalu banyak melimpahkan pekerjaan yang berlebih. Coba jelaskan kalau memang Anda ada pekerjaan tambahan seperi mengurus anak atau mungkin orang tua yang sakit.  Sedikit menjilat tidak apa kan?

Tapi, Anda terkadang memang harus mengambil lembur tadi itu, bukan untuk uang tambahan, tapi sekedar untuk pencitraan saja di depan bos Anda. Jika Anda dibayar untuk lembur tadi, maka anggaplah itu sebagai bonus saja, bukan sebagai sesuatu yang Anda kejar.

Apabila Anda masih kuliah dan sambil bekerja, menurut pengalaman pribadi, Anda bisa minta tolong untuk tugas Anda dikerjakan oleh teman yang kebetulan sedang cari uang tambahan juga, alias joki tugas.

Memang hal ini bisa dianggap illegal, tapi mau bagaimana lagi? Jika Anda tidak kerja, Anda tidak makan, dan ilmu tidak hanya di dapatkan di perkuliahan bukan? Mari sama sama jujur saja, bagi yang rajin membaca buku saat kerja (waktu luang), pasti Anda merasa kalau Anda lebih mendapatkan ilmu dari buku tersebut. 

Jangan sekali-sekali berfikir untuk meninggalkan kuliah Anda (drop out). Di Indonesia, gelar sarjana sangat dibutuhkan untuk membangun jenjang karir yang lebih baik lagi. 


Coba Minum Teh Melati, Teh Chamomile, Teh Vanila, Teh Saffron, atau Teh dengan Aroma Relaksasi Lainnya

Setelah pekerjaan selesai, seringkali masih ada rasa cemas yang bersisa, Anda coba minum Teh beraroma, dan usahakan beri sedikit gula agar Anda mendapatkan sedikit tambahan tenaga dan tidak terlau terasa lapar saat tidur.


Madu, Obat Tidur Alami

Cobalah untuk meminum satu sendok makan madu untuk membantu meredakan rasa cemas Anda.


Apabila Disebabkan Oleh Penyakit

Banyak jenis penyakit yang menyebabkan susah tidur. Sangat disarankan untuk tetap meminum obat yang diberikan dokter dan coba tanyakan juga apa boleh meminum madu untuk membantu penyembuhan. Apabila boleh, Anda bisa mencoba meminum mada saat malam hari bila Anda sulit tidur. 

Umumnya, rasa cemas juga lah yang menyebabkan Anda sulit tidur, rasa cemas kali ini disebabkan oleh penyakit Anda.

Usahakan untuk memasrahkan diri pada Yang Maha Kuasa, namun berjanji pada diri sendiri mencoba untuk tetap menyembuhkan penyakit Anda di esok pagi. 

BEROLAHRAGALAH


Orang yang berolahraga minimal 30 menit dalam sehari, cukup 3-5 kali dalam seminggu, terbukti lebih mudah untuk terlelap di malam hari, tentunya karena banyak faktor, mulai dari lancarnya peredaran darah, ada rasa lelah karena olah raga tersebut, dan lain sebagainya. 

Jangan malu-malu berolah raga, kesehatan lebih mahal dari gengsi Anda. 


Jauhkan HP, TV, Laptop, dll, dari Anda saat malam hari


Insomnia juga bisa disebabkan oleh rasa penasaran. Rasa ingin tahu melihat konten-konten lucu atau menarik di internet dan lain sebagainya. 

Hal ini juga bisa membuat Anda susah tidur dan membuat kesehatan menurun serta memperlemah data tahan tubuh Anda. 

Selalu Kelola Stress


Jangan lupa untuk tetap menikmati hidup, dan mengerjakan tanggung jawab Anda selama masa hidup kita. Terlalu memikirkan sesuatu hal bisa berbahaya bagi kita. Jalani saja terlebih dahulu, dan selesaikan sesegera mungkin apa yang bisa kita lakukan. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url