Cara Cepat Mudah dan Relatif Murah Untuk Menghilangkan Rasa Capek

Cara Cepat Mudah dan Relatif Murah Untuk Menghilangkan Rasa Capek


Rasa capek memang adalah hal yang wajar muncul pada manusia setelah melakukan suatu pekerjaan yang cukup berat. Rasa capek juga identik dengan adanya rasa pegal yang muncul pada otot ditubuh kita. Biasanya rasa pegal ini muncul pada bagian kaki, lengan, pinggul, punggung dan bahu.



Pada umumnya rasa lelah, pegal, dan capek ini dapat sembuh sendiri hingga waktu 2-7 hari tergantung seberapa berat pekerjaan yang kita lakukan.

Atlit angkat besi, tukang bangunan, Ibu rumah tangga, hingga orang yang tidak terbiasa kerja berat seringkali mengalami rasa pegal, capek, dan lelah berlebih. 

Tapi tenang, ini ada beberapa cara yang relatif mudah dan murah yang bisa Anda coba untuk menghilangkan rasa capek, pegal, dan lelah Anda dengan cepat hingga hanya perlu waktu 1-2 hari saja.

Susu Kedelai

Kedelai mengandung 30-40gr protein di setiap 100gr. Protein memang menjadi salah satu faktor penting dalam pemulihan energi dan membangun kembali otot-otot yang "sobek" dikarenakan pekerjaan berat atau berolahraga.

Susu kedelai merupakan sumber protein yang cukup murah dan paling mudah dicerna, sangat disarankan untuk minum susu kedelai yang murni dari hasil gilingan kedelai yang sudah di sangrai. Anda bisa mencarinya di BukaLapak, Tokopedia, Shopee dan Marketplace lainnya.

Coba lah untuk cari susu kedelai yang biasa dipakai oleh para Bodybuilder. Kekurangan dari susu kedelai ini terkadan terasa menyangkut di leher, dan rasanya kadang ada yang kurang cocok. Tapi hal ini bisa diatasi dengan minum air yang banyak setelahnya. 

Jangan menyeduhnya dengan air hangat atau panas ya, sangat disarankan menyeduhnya di air biasa saja. 

Harganya juga cukup relatif murah, biasanya susu kedelai bubuk yang dijual di marketplace berkisar antara 35-60rb perkilonya. Sangat disarankan hanya meminumnya 1-2 sendok makan per sajinya, cukup 2 kali sehari saja. 


Cemilan Kedelai Sangrai/Goreng

Cara ini memang hampir sama dengan meminum susu kedelai, hanya saja bedanya dengan cara ini Anda bisa mencoba mencampurnya dengan bumbu-bumbu lainnya yang bisa membuat cemilan kedelai ini lebih enak.

Awas berhati-hati lah dalam mencampurkan bumbu lainnya seperti garam msg atau hal lainnya. Jika terlalu banyak bumbu juga bisa membawa malapetaka lainnya bagi tubuh Anda.


Tempe dan Tahu

Yap, lagi-lagi cemilan berbahan dasar kedelai. Tentunya hal ini disebabkan karena kedelai adalah sumber protein yang relatif murah dan mudah di dapatkan di pasar.

Hampir sama seperti cemilan kedelai, anda bisa menambahkan beberapa bumbu ke olahan tempe dan tahu. Sangat disarankan cukup digoreng biasa saja untuk mengehmat waktu dan tenaga. 


Kuaci

Untuk yang satu ini sebenarnya relatif mahal, karena kuaci kupas perkilogramnya bisa seharga 60-120rb per kilogrammnya. Tapi yang Anda butuhkan hanya sekitar 50-100 gr dari kuaci.

Ingat, cara menghitungnya bukan dari kuaci yang belum dikupas, melainkan berat total dari kuaci yang sudah dikupas.


Susu Whey Protein 30%-50%

Ini adalah sumber protein yang dapat mempercepat pemulihan tenaga Anda. Cara ini sudah menjadi rahasia umum para bodybuilder. Mereka mengkonsumsi susu dengan whey protein ini sebelum dan sesudah latihan/berolahraga.

Namun sayangnya cara ini relatif mahal. Tapi bagi Anda yang punya kocek yang cukup aman, biasa mencoba ini karena biasanya susu whey protein ini memiliki rasa yang cukup enak dan mengkonsumsinya juga tidak membutuhkan waktu yang lama.


Setelah Konsumsi Protein

Sangat disarankan untuk mandi di air hangat dan juga memijit bagian tubuh Anda yang terasa capek, pegal, dll. 

Bagaimana Dengan Capek Pada Otot Mata?

Anda bisa mencoba untuk istirahat sejenak, dan meminum multivitamin yang mengandung vitamin A yang tinggi seperti Renovit. Bisa Anda beli pada apotik terdekat atau di marketplace dengan harga 65-80rb. Cukup beli yang Renovit biasa saja, tidak perlu yang Gold. 

Juga disarankan untuk Anda mengatur pola tidur Anda minimal 8 jam sehari agar pemulihan tubuh Anda lebih cepat.


Perhatian

Meminum protein ataupun multivitamin dalam jumlah besar dan jangka sangat panjang bisa berbahaya bagi kesehatan ginjal dan hati (liver) Anda. Bagi yang mengidap penyakit pada ginjal dan liver, sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url