Cara Terbaik dan Alami Mengusir Nyamuk, Bebas Asap Yang Bikin Sesak

Cara Terbaik dan Alami Mengusir Nyamuk


Nyamuk memang sering menjadi masalah yang cukup mengganggu yang berada dalam rumah kita titik seringkali juga nyamuk ini bahkan bisa mengganggu kualitas tidur ataupun kualitas istirahat kita. Bahkan nyamuk seringkali juga menjadi sebuah masalah yang dapat menyebabkan kan penyakit yang berujung pada kematian.

Pexels


Banyak perusahaan-perusahaan di luar sana yang memproduksi produk anti nyamuk berupa gel usap, obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot, dan lain sebagainya. 

Ada produk-produk yang memang terbukti bisa membahayakan kesehatan kita seperti Obat Nyamuk Bakar. Obat nyamuk bakar terbukti sangat berbahaya, hingga resiko kesehatan yang ditimbulkan hampir sama seperti menghirup asap dari 75-130 batang rokok. (Sumber

Fakta seperti ini memang cukup mengejutkan, tapi hal ini bukan berarti semua produk yang terbuat dari bahan kimia yang diolah di pabrik merupakan hal yang buruk.

Hanya saja Anda bisa tetap menggunakannya, tapi dengan kuantitas yang lebih sedikit, atau mungkin Anda juga bisa mengubah cara Anda untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda atau pun sekitar Anda menggunakan cara alami dan tradisional namun terbukti dan terpercaya mengusir nyamuk. 


Gunakan Minyak Sereh/Serai

Cara yang satu ini mungkin sudah sering digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Minyak yang di ekstrak dari tanaman serai ini, memang sudha terbukti ampuh mengusir nyamuk.

Hanya saja cara ini tergolong cukup mahal dibandingkan dengan membeli gel atau lotion anti nyamuk. 

Nyatanya tidak, Anda bisa mencoba membeli minyak sereh murni langsung dari petani atau lewat Marketplace atau Aplikasi Belanja Online seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee, dan lain sebagainya, lalu anda bisa mencampurnya dengan minyak kelapa agar tidak terlalu boros dan tidak terasa panas.

Yap, minyak Serai murni memang terasa agak panas di kulit, dan yang Anda lihat di Apotik atau tempat lainnya itu sudah dicampur dengan minyak lainnya, entah itu Minyak Zaitun, Minyak Kelapa, Minyak Sawit, dan lain sebagainya. 

Hebatnya lagi ini bisa menjadi ide Bisnis Anda, bukan?

Sangat disarankan untuk mencampur Minyak Serai/Sereh Murni ini dengan Minyak lainnya dengan perbandingan 1:1.

Walaupun ada beberapa orang mengatakan bahwa mencampur 1:5 masih bisa mengusir nyamuk dengan ampuh, hanya saja pasti terasa sangat licin.


Gunakan Perangkap Ragi Campur Air dan Gula

Ragi apabila dicampurkan dengan air dapat menghasilkan karbon dioksida yang dimana hal ini sangat menarik perhatian nyamuk.

Caranya cukup gampang:

- Siapkan terlebih dahulu 1 sendok teh ragi yang biasa dipakai untuk roti, 4 sendok makan gula, 200ml air hangat (jangan terlalu panas ataupun hangat kuku). 

- Ambil botol plastik bekas dan potong dua.

- Bagian kerucut atas dibalikkan dan ditempelkan pada bagian potongan bawah sehingga membentuk corong.

- Sebelum memulai langkah kedua, lebih baik untuk membuat larutan Ragi campur Air terlebih dahulu langsung pada potongan bawah yang bertindak sebagai wadah.

- Aduk larutan 1-2 kali aduk saja, dan isi wadah bawah tadi hingga setengah cm hingga sebelum menyentuh mulut corong.

Letakkan di sudut rumah dan bawah kasur atau dekat dimana Anda tidur, tapi jangan terlalu dekat agar tidak tersenggol.

Bagi yang masih bingung, ini ilustrasinya:


Menggunakan Minyak Essens Lemon atau Jeruk

Membuat Minyak Essensial Lemon dan Jeruk juga cukup mudah dan murah, cukup membutuhkan parutan dan minyak kelapa sebagai media pembuatnya. 

Tapi kekurangan yang satu ini adalah Anda harus menunggu waktu yang cukup lama yaitu 1 bulan untuk menunggu parutan kulit dari Lemon dan Jeruk menyerap ke minyak kelapa tadi.

Namun, hal ini juga bisa menjadi ide bisnis rumahan Anda, tapi usahakan untuk mencuci kulit lemon dan jeruk yang akan digunakan agar lebih higenis dan steril. 


Penulis: Vira H.

Editor: Andi R.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url