Manfaat Madu Yang Jarang Diketahui Orang, Cek Disini

Manfaat Madu Yang Jarang Diketahui Orang


Siapa yang tak kenal dengan Madu? Si coklat keemasan kental yang manis ini memang sudah dikenal di seluruh belahan dunia dari jaman dulu hingga jaman sekarang, bergitu banyak manfaatnya dari yang masih sekedar mitos sampai yang sudah mendapatkan penelitian serius di laboratorium dan tentunya terbukti juga khasiatnya. 

Banyak orang yang menggunakan madu sebagai cemilan, dressing, makanan penutup atau bahkan sebagai obat. Ya benar sekali, madu seringkali digunakan sebagai obat alternatif maupun sebagai obat pendamping dari obat yang diberikan para tim medis.


Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Meskipun begitu, tetap saja hal yang berlebihan itu merupakan sesuatu yang tidak baik. Madu tetap memiliki kandungan gula yang cukup tinggi yang walaupun masih tetap boleh dikonsumsi oleh para penderita diabetes dengan pengawasan yang ketat oleh para tim medis.

Adupun juga Madu terkadang bisa berbahaya bagi orang yang memiliki alergi terhadap serbuk sari, yang bisa membuat mereka mungkin bisa merasa gatal hingga terasa mual. Namun hal ini sangat jarang ditemukan.

Berikut beberapa Manfaat Madu yang harus Anda ketahui.


Photo : Pixabay


1. Anti Bakteri dan Anti Viral alami

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa Madu memang sudah dapat dikatakan obat pendamping paling ampuh dalam melawan bakteri maupun virus di dalam tubuh kita ini. Bahkan pada awal kasus pandemi di dunia, ada penelitian yang memang membuktikan bahwa Madu cukup ampuh hingga 90% untuk membantu melawan virus Corona tentunya sebagai obat pendamping (Sumber : Bukti Artikel Keampuhan Madu Membantu Melawan Corona), dan juga mampu membantu menghadapi Resistensi Antibiotik Bakteri di dalam tubuh kita dengan meminum Madu sebagai Obat Pendamping (Sumber : Lawan Resistensi Bakteri dengan Madu dan Khasiat Madu Manuka Untuk Resistensi Bakteri).

Hebatnya lagi, bukan jenis madu khusus yang digunakan untuk mengobati hal-hal ini, segala jenis madu bisa digunakan asalkan memang terbukti murni dan tanpa ada tambahan bahan yang lainnya. Walaupun Madu Manuka memang terbukti lebih cepat dan lebih manjur dalam hal yang satu ini.

Perlu ditekankan, bahwa keampuhan Madu ini adalah sebagai Obat Pendamping, bukan sebagai obat pengganti maupun obat utama pada kasus penyakit yang sedang dikhawatirkan di dunia pada saat ini.

Ada baiknya apabila Anda ingin mengkonsumsi Madu sebagai pengobatan sangat di rekomendasikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Namun apabila hanya dalam bentuk pencegahan, maka cukup minum 3 kali sehari dengan dosis 1 sendok makan.


2. Membantu Kontrol Stress

Madu juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan stress Anda yang berlebih, ini kemungkinan disebabkan oleh kandungan gula yang ada di dalam Madu. Gula memang juga dapat membuat kita merasa bahagia atau bersemangat, ini yang dinamakan dengan fenomena "Sugar Rush", tapi ingat lah untuk tetap bijak dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung gula baik itu gula alami maupun gula buatan.


3. Anti Inflamasi

Peradangan pada tenggorokan juga dapat di turunkan oleh si manis keemasan ini. Inflamasi pada umumnya disebabkan oleh bakteri ataupun benda yang bersifat asam seperti asam lambung. 

Asam lambung yang nak ke tenggorokan memang sangatlah mengganggu, tapi biasanya hal ini dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi satu sendok makan madu, apabila Anda penderita diabetes, ada baiknya bertanya terlebih dahulu ke dokter.


4. Menambah Energi

Kandungan gula dan enzim khusus yang hanya di hasilkan oleh lebah ini memang bisa menambah energi. Jadi bagi Anda yang sering bekerja cukup berat, ada baiknya meminum Madu sebelum memulai pekerjaan.


5. Membantu Menurunkan Tensi Darah

Bagi Anda yang hipertensi, Madu dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Meskipun penelitian khusus jarang dilakukan seperti halnya para peneliti melakukan peneletian manfaat Anti Virus dan Anti Resistensi Bakteri. Selama Anda tidak memiliki alergi dan diabetes yang serius, tidak ada salahnya mencoba bukan?

Tapi tunggu dulu, orang yang mengidap hipertensi sudah seharusnya juga menjaga pola hidup sehat, dengan menjaga kadar konsumsi garam dan lemak perhari, yaitu untuk lemak adalah maksimal 4 sendok teh lemak jenuh, dan untuk garam maksimal 1,5 gr perhari.


Mari bersama-sama memahami pentingnya menjaga kesehatan, rajin berolahraga minimal 15-30 menit sehari (setiap hari). Tidak harus melakukan olahraga berat, senam ringan seperti senam jantung sehat juga bisa kita lakukan di rumah sembari menghirup udara yang segar di pagi hari.

Stay Healthy!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url