French Press, Alat Pembuat Kopi Sederhana Yang Bisa Dibawa Kemana Saja | Review French Press

French Press, Alat Pembuat Kopi Sederhana Yang Bisa Dibawa Kemana Saja | Review French Press


Mungkin beberapa dari kita terkadang berfikir, apakah ada suatu cara supaya bisa membuat kopi yang rasanya hampir mirip dengan espresso (ya walaupun tidak terlalu mirip), tapi tidak harus membawa mesin espresso yang biasanya tergolong cukup berat dan tidak praktis untuk dibawa ke mana-mana.
Photo by Pratik Gupta from Pexels

Yap, French Press lah salah satu jawabannya. Bagi Anda yang suka dengan kopi yang memiliki sensasi oily layaknya kopi yang dibuat dengan mesin espresso, sangat disarankan untuk mencoba membeli french press ini.

French press ini adalah alat kopi yang di desain di tahun 1929 oleh inventor asal Italia, loh kok di desain oleh orang Italia tapi namanya French press? Tidak terlalu penting dibahas, hal terpenting adalah bagaimana output dari rasa kopi yang dihasilkan dengan menggunakan alat kopi portable yang satu ini.

Alat kopi yang portable memang banyak jenisnya, dari AeroPress yang baru-baru ini ditemukan (tahun 2000an), Mokapot, dan lain sebagainya.

Tapi dari semua alat kopi portable yang ada, french press sebenarnya cukup unik. Selain ada beberapa jenis french press yang memang mempunyai penampilan menawan (jadi Anda bisa menjadikannya hiasan), nyatanya French Press ini juga bisa dijadikan alat Frothing susu untuk membuat latte apabila nozzle frother dari suatu mesin espresso rusak.

Dari pada panjang lebar, ini langsung kita berikan saja ringkasan dari French Press ini. 

Rasa : Terasa sedikit oily (berminyak), medium body, kafein tidak terlalu terasa terekstrak jadi cukup aman untuk orang yang ada asam lambung ringan.

Harga : Cukup variatif, biasanya dimulai dari harga 60rban hingga jutaan tergantung dari kualitas bahannya.

Kekurangan : Terkadang sukar untuk di bersihkan untuk bagian pressnya

Kelebihan : Portable, bisa jadi Frother darurat, murah tapi cukup kuat.

Sangat disarankan bagi Anda yang ingin membeli French Press untuk mencari yang keluaran IKEA, karena harga yang tidak terlalu mahal, tapi kualitas prima. 

Sangat cocok untuk bisnis mini cafe atau cafe besar sekalipun. 

Penulis : Yudha Amin
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url