Peran dan Fungsi Manajer Keuangan

Tuntutan perkembangan teknologi mendorong semua organisasiterutama dengan mengubah organisasi bisnis untuk menciptakan efektivitas dan efisiensi aktivitas organisasi apa pun

Pada usia sebelumnyapada tahun 60-anIndonesia mengetahui studi perusahaan dengan fokus konsentrasi dalam manajemen keuangan internalsedangkan faktor exental yang merupakan sumber pembiayaan kurang perhatian.

Dari era inipengembangan ilmu pengeluaran perusahaan berubah dan dikembangkan dalam konsentrasi pembiayaan eksternal terpusat yang kemudian dikelola secara efektif dan efisien untuk menghasilkan keuntungan

Perubahan ini adalah dasar manajemen keuangansesuai dengan tuntutan globalisasiyang mengharuskan Perusahaan untuk menghasilkan biaya produksi yang efisien seperti hargakualitas standar dan gaya / mode dengan desain yang dapat diterima secara internasional.

Fungsi Utama Manajer Keuangan


Fungsi utama Manajer Keuangan bertanggung jawab atas investasipembiayaan kegiatan komersial dan distribusi dividen di perusahaanDana yang diperoleh dari DAB sumber daya keuangan eksternal ditugaskan untuk berbagi bentuk penggunaanKemudiantugas utama Manajer Keuangan berencana untuk mendapatkan dana dan menggunakan dana untuk memaksimalkan nilai Perusahaan.

Aspek-aspek penting yang harus dilakukan oleh manajer keuangan :


1Perencanaan dan estimasidi mana manajer keuangan harus bekerja dengan manajer lain yang bertanggung jawab atas perencanaan umum Perusahaan. 

2Anda harus fokus pada keputusan investasi dan pembiayaanKeputusan mengenai investasi menentukan sumber dan bentuk dana untuk pendanaan pendanaanjika dana berasal dari internaleksternalutang dan keuangan atau pembiayaan keuangan.

3Manajer keuangan harus bekerja dengan manajer lain sehingga perusahaan dapat berfungsi dengan cara yang paling efisien.

Resiko yang harus di antisipasi oleh Manajer Keuangan


1Risiko Likuiditas

Jika Perusahaan tidak cukup likuiditasPerusahaan dapat meminta Bank melalui pinjaman jangka pendekCerukan dan Piutang Pabrik. 


2. Default Risk

apabila kemungkinan dimana perusahaan itu tidak dapat membiayai pinjaman dalam oblogasi pada saat jatuh tempo, untuk mengatasinya diperlukan dana taktis sinking fund. 

3Risiko Keuangan

yang merupakan situasi di mana pendapatan operasional bersih atau pendapatan operasional
 bersih kurang dari bunga (interest) .

4Risiko operasional

adalah risiko inflasi dan risiko perubahan nilai tukar yang terkandung dalam teknik presuposisi modal dalam risiko.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url