Apa Itu Keyword atau Kata Kunci: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Cara Mencari Inspirasinya dengan Riset

Dijaman yang serba digital ini sudah tak bisa dipungkiri lagi bahwa persaingan di dunia usaha harus serba melalui online. Tak ayal lagi bagi kita sebagai konsumen ataupun sebagai pelaku bisnis sudah harus serba online meskipun tidak semua urusan bisa diselesaikan secara online, namun setidaknya sedikit demi sedikit segala urusan akan berhubungan dengan sesuatu yang berbau digital, teknologi, maupun online.

Salah satu hal yang terpenting dalam dunia online entah itu dalam bentuk bisnis maupun hanya sekedar mencari tugas atau resep di Mesin Pencari seperti Google atau bahkan Youtube hingga Facebook dan Social Media lainnya. Dalam hal ini, Keyword atau Kata Kunci sangatlah berperan penting dalam melancarkan niat kita sebagai Konsumen maupun Produsen untuk menemukan apa yg kita mau atau mempermudah orang untuk menemukan produk kita.

Pada artikel ini, hanya akan dibahas Point of View dari seorang "Produsen" tentang pengertian, jenis, contoh, dan cara Riset Keywords yang baik agar calon Konsumen lebih mudah mencari Anda melalui Mesin Pencari apapun dimulai dari Google, Youtube, Facebook, Instagram, hingga platform seperti Shutterstock yang juga menggunakan Algoritma Mesin Pencari untuk mempermudah calon Konsumen dalam menemukan produk Anda.


Pengertian Keywords

Apa sih Keywords atau Kata Kunci itu? Meskipun sudah sering kita mendengarnya, namun sangat sedikit yang bisa menjelaskannya dengan baik dan tepat, meskipun secara langsung apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia bahwa Keywords berarti Kata Kunci, rasanya masih kurang sempurna dalam mengartikannya lebih dalam.

Keywords atau Kata Kunci adalah serangkaian beberapa kata atau bahkan hanya satu kata tunggal saja yang berfungsi untuk menemukan suatu hal di dalam sebuah direktori yang biasanya bersifat istimewa sehingga mempermudah orang untuk menemukan apa yang mereka ingin temukan.

Dalam hal internet, Keywords seringkali diartikan sebagai serangkaian kata yang diketikkan atau diinput oleh pengguna kedalam sebuah Mesin Pencari, Platform, dll, untuk mencari apa yang mereka inginkan.

Fungsi Keywords

Bagi Konsumen, Keywords atau Kata Kunci memiliki fungsi untuk memperkecil tingkat kesulitan dalam menemukan sebuah informasi yang ingin ditemukan.

Bagi Blogger/Vlogger/Pelaku Usaha, dll Keywords alias kata kunci sangat penting untuk membuat target pasar yang lebih terarah, namun tentunya harus dibarengi dengan Added Value pada Artikel/Video/Produk Anda agar Algoritma Mesin Pencari memunculkan apa yang Anda pasarkan menjadi posisi teratas atau Konsumen lebih tertarik untuk berinteraksi dengan Artikel/Video/Produk Anda.

Jenis Keywords

Setiap jenis dari Keyword memiliki peran dan tujuan masing-masing yang sering para Blogger/Vlogger/Pelaku Usaha sepelekan dan merasa bahwa setiap Keywords itu sama saja meskipun pada kenyataannya berbeda, berikut beberapa Jenis Keywords:

1. Kata Kunci Berdasarkan Kata

Kata kunci berdasarkan jumlah kata di bagi menjadi dua jenis, yaitu:

Short Tail Keyword: kata kunci jenis ini pendek karena maksimal jumlah kata yaitu dua buah. Contohnya seperti : Rumah Murah, Tips Kesehatan, Cara Belanja, Spesifikasi HP, dan lain-lainnya.

Kelebihan: Jumlah pencariannya sangat besar.

Kekurangan: Persaingannya sangat ketat. Kemungkinan untuk bisa muncul di halaman pertama kecil. Hasil yang diberikan kurang relevan dengan kebutuhan user.

Long Tail Keyword Merupakan penyempurnaan Short tail. dengan membahkan beberapa kata kunci yang berkaitan namun tetap nyaman di baca. Khusus bagi blogger pemula, jenis keyword ini sangat bagus dan di rekomendasikan oleh para web master.

Contohnya seperti : Jenis-jenis produk Google yang paling populer berserta fungsinya, Fitur mengagumkan dari android kitkat 5.0, Cara mudah mendaftar adsense dengan Youtube, dan sebagainya.

Kelebihan: Anda bisa membidik beberapa keyword sekaligus, sehingga peluang artikel Anda muncul dengan berbagai kata kunci yang berbeda akan lebih besar. Kemungkinan memenangkan persaingan dengan para blogger lain juga lebih besar bahkan dengan memakai kata kunci jenis ini, blog yang baru dibuat juga mempunyai kesempatan untuk mengalahkan blog populer dengan kata kunci yang sama. Lebih bermanfaat bagi para pembaca. Lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Kelemahan: Bagi blogger/vlogger/pelaku usaha pemula bisa menimbulkan blunder yang menyebabkan Artikel/Video/Produk malah sulit muncul karena mesin pencari bingung dalam menemukan hal yang relevan bagi konsumen, jadi sangat disarankan untuk mempelajari lebih dalam lagi sebelum menerapkan strategi Long Tail Keywords ini.


2. Kata Kunci Berdasarkan Waktu

Kata kunci berdasarkan waktu yang dimaksud adalah kata kunci yang memiliki dampak terhadap trafik blog berdasarkan batas waktu tertentu. Apa saja dan penjelasan jenis kata kunci berdasarkan waktunya, berikut ini :

Kata Kunci Abadi: Merupakan jenis kata kunci yang tidak habis dan usang dimakan oleh waktu (perubahan jaman), jenis ini tetap bisa eksis dari waktu ke waktu serta tetap bisa mendatangkan para pengunjung walaupun sudah di posting puluhan tahun lamanya. Contohnya : Obat jerawat alami, Tips diet alami, Cara menumbuhkan rambut rontok.

Keyword Musiman: Jenis ini kita bisa mendapatkan ledakan pengunjung tetapi efek yang di berikan singkat. jika teman-teman adalah seseorang yang sangat Update dengan berbagai kejadian yang lagi hot, populer, baru, dan jadi trending topik setiap saat, sangat dianjurkan untuk menggunakan Keyword musiman ini. Contohnya : Hasil pertandingan Arsenal dengan buyern munchen 2020, Juara liga Italia 2020, Pemain terbaik Liga Italia 2020, dan lainnya.

3. Kata Kunci Berdasarkan Pemirsa

Keyword jenis ini digolongkan atau dikelompokkan berdasarkan pada manfaat dan tingkat kebutuhan pengguna.

Keyword Umum: Merupakan jenis yang dapat menjangkau semua orang. Artikel yang ditulis dapat mendatangkan pengunjung dari berbagai golongan. Contohnya : Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Internet, Cara Cepat Mengobati Sakit Kepala dan Lainnya.

Keyword Khusus: Merupakan jenis yang memiliki target (pengunjung) secara khusus. Informasi yang diberikan hanya dibutuhkan oleh user tertentu saja. Contohnya : Cara meningkatkan penghasilan adsense, Cara merakit komputer, dan lainnya.

Cara Riset Keywords

Mencari inspirasi atau Riset Keywords ini sebenernya susah-susah gampang, namun apabila Anda sudah terbiasa dan sering melakukannya, pasti akan terasa lebih mudah seolah-olah inspirasi mengalir begitu saja.

Menggunakan Keyword Research Tools

Kita ingin memasarkan suatu produk, misalkan kopi. Apabila Anda ketikkan "kopi" di Google, maka akan muncul kopi yang sudah di gelas, tanaman kopi, meja kopi, bahkan parfum kopi. 

Pada kasus ini kita ingin memasarkan produk (entah itu artikel, vlog, produk atau jasa) yang berhubungan dengan kopi espresso dalam bentuk minuman. Maka kita bisa menggunakan keywords research tools seperti Keywords.io atau Google Keyword Planner atau Research Tools pilihan Anda yang lainnya untuk menemukan ide Kata Kunci yang Relevan dan memiliki Interaksi yang besar dengan calon konsumen. 

Menggunakan Kata Kunci yang agak sedikit tidak relevan dengan produk kita sebenarnya tidak terlalu masalah selama itu masih dalam lingkup espresso yang dalam bentuk minuman. 

Menggunakan Mesin Pencari dari Platform itu sendiri

Anda bisa melihat keywords apa saja yang digunakan kompetitor Anda dan menirunya secara penuh dan bahkan kalau bisa ditambahkan beberapa keywords yang belum mereka tambahkan dengan mengetikkan kata kunci produk kita di bagian pencarian suatu platform yang ingin digunakan.
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url