Perbedaan Gitar Akustik dengan Gitar Klasik/Classic

Bagi para pemula, seringkali dihadapkan dengan dilema antara memilih gitar akustik ataupun gitar klasik. Tentunya apabila kita memiliki dana yang berlebih, kita akan memborong langsung keduanya saja, namun apadaya budget terbatas dengan gaji yang tidak kunjung naik juga sehingga kita terpaksa harus memilih salah satu jenis gitar antara gitar klasik ataupun gitar akustik.

Tentunya artikel ini dibuat bukan sebagai ajakan untuk membeli suatu produk secara spesifik, namun hanya sebagai bahan pertimbangan bagi Anda yang belum tahu apa perbedaan gitar akustik dan gitar klasik. Berikut penjelasannya.

Gitar Akustik

Downloaded Via Pixabay

Gitar Akustik adalah gitar yang paling sering beredar dan terjual di seluruh dunia dikarenakan bentuknya yang lebih praktis. Gitar Akustik seringkali dipilih oleh para pemula karena lebar neck alias leher gitarnya yang lebih kecil daripada gitar klasik sehingga pemula yang memiliki jari yang pendek dapat dengan mudah untuk mempelajarinya.

Gitar Akustik juga memiliki suara yang lebih besar dibandingkan dengan gitar klasik. Harga senar yang beredar tentunya juga lebih murah dibandingkan senar nilon yang biasa digunakan untuk gitar klasik. Gitar Akustik juga dapat dipadukan dengan senar dari gitar klasik dan elektrik, hanya saja suara yang dihasilkan juga lebih kecil dan juga playability yang lebih sulit karena karakteristik dari senar nilon untuk gitar klasik lebih tebal dibandingkan dengan senar akustik maupun elektrik.

Dari segi kekuatan neck dan daya tahan bridge, gitar akustik merupakan yang paling kuat diantara gitar klasik dan elektrik, ini disebabkan distribusi daya tarik senar yang seimbang dan lebih merata. Umur dari senar Akustik lebih pendek dibandingkan dengan senar gitar klasik yang dimana musuh terbesarnya adalah karat.

Apabila Anda memiliki jari yang cukup tebal dan panjang, maka gitar akustik mungkin akan agak sulit untuk dimainkan, walaupun semua tetap bisa dilakukan apabila kita bersungguh-sungguh untuk melatihnya. Untuk mengganti senar gitar akustik tentunya lebih mudah dibandingkan deengan gitar klasik yang harus memiliki beberapa pengalaman dalam melilitkan senar pada bridge gitar klasik.

Selain newbie friendly, pada umumnya gitar akustik dipilih karena tetap dapat melatih fingerstyle, shredding, dan juga flamenco walaupun bukan suatu hal yang khusus untuk gitar akustik. Bentuk dan rentang harga yang lebih variatif dapat menjadi suatu pertimbangan juga sebelum Anda memilih gitar akustik sebagai teman bernyanyi atau bermain musik dirumah.

Gitar Klasik/Classic

Photo by Gustavo Borges : Downloaded Via Pexels

Gitar Klasik/Classic yang sering kali disebut dengan gitar spanyol merupakan primadona bagi Anda yang memiliki jari yang cukup tebal dan panjang. Gitar klasik identik dengan permainan flamenco dan beberapa fingerstyle yang dapat dimainkan pada gitar ini. Gitar Klasik selumrahnya menggunakan senar Klasik atau senar nilon khusus.

Gitar klasik dapat dipadukan juga dengan senar elektrik ataupun klasik, meskipun kami sangat tidak merekomendasikannya karena beban daya tarik yang dihasilkan dari senar akustik bisa 2 kali lipat daripada menggunakan senar nilon dan hingga 1,5 kali lipat untuk senar elektrik, sehingga membuat neck atau leher gitar cepat bengkok dan rusak meskipun Anda memiliki gitar klasik yang sudah di tanam besi alias Trussrod yang bisa membantu mendistribusikan beban tersebut.

Untuk Anda yang ingin berlatih dengan aliran Flamenco ataupun Fingerstyle, gitar ini sangatlah cocok untuk dipakai, namun hanya saja dengan neck yang lebih lebar ketimbang neck atau leher gitar akustik dan gitar elektrik, Anda akan memiliki beberapa kesulitan diawal terutama bagi Anda yang tidak memiliki jari yang cukup panjang.

Untuk mengganti senar, Anda mungkin agak sedikit lebih kerepotan dibandingkan dengan senar akustik, namun tenang saja, umur dari senar klasik pada umumnya apabila tidak putus biasanya hingga 6 bulan karena tidak mengenal karat pada senar 1-2-3 nya. Namun sayangnya pada umumnya senar klasik yang berkualitas bagus sedikit lebih mahal dibandingkan dengan senar akustik dengan kualitas yang bagus juga.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url