Perbedaan Gitar Akustik Biasa, Gitar Akustik Elektrik, dan Gitar Elektrik

Ketika Anda sedang ingin membeli gitar terutama yang masih baru akan belajar alias baru pertama kali mengenal gitar, tentunya akan cukup bingung ketika kita ditawarkan banyaknya macam gitar yang tersedia di toko gitar yang sedang Anda kunjungi. Kebingungan Anda bisa saja akan semakin diperparah dengan kurang mengertinya juga sang pemilik toko atau karyawan yang sedang bertugas di toko alat musik tersebut.

Kali ini akan dibahas apa itu perbedaan yang mendalam mengenai perbedaan antara Gitar Akustik Biasa, Gitar Akustik Elektrik, dan Gitar Elektrik. Sebelum dimulai, artikel ini hanyalah sebuah petunjuk penggunaan dan bukan sebagai ajakan untuk Anda memlih seuatu produk yang spesifik. Jadilah pembeli yang cerdas dan mertabat dalam menentukan pilihan Anda sendiri.

Gitar Akustik Biasa

Photo by Quốc Bảo : Downloaded from Pexels

Gitar Akustik Biasa adalah Gitar Akustik yang tidak ada komponen elektrikal berupa PREAMP agar gitar tersebut bisa dihubungkan dengan amplifier/loadspeaker yang bisa menerima instrumen musik melalui perantara kabel jack khusus (biasanya ukuran 6.5mm).

Gitar ini cocok untuk Anda yang tidak sama sekali ada niatan untuk melakukan rekaman dengan gitar atau bahkan tampil disebuah panggung atau cafe yang tentunya membutuhkan preamp agar gitar tersbut suaranya dapat disalurkan ke amplifier yang tersedia.

Namun, bukan berarti gitar akustik biasa tidak dapat dipasangkan preamp dikemudian harinya, hanya saja pasti biayanya lebih mahal karena Anda akan memasang preamp secara satuan dan bukan secara massal seperti pabrikan yang tentunya akan mengurangi biaya produksi.

Juga, seringkali pelanggan di toko gitar mengalami penyesalan dikemudian harinya karena tidak langsung membeli gitar akustik yang sudah elektrik (sudah terpasang preamp) dikarenakan mereka sering dihadapkan dengan kebutuhan yang mendadak seperti adanya undangan untuk tampil di panggung, dibayar untuk menyanyi di cafe dengan gitarnya, dan banyak hal lainnya.

Gitar Akustik dapat menggunakan senar akustik untuk suara yang lebih besar namun lebih sakit apabila ditekan, dan juga dapat menggunakan senar untuk gitar elektrik (senar elektrik) agar lebih enak ditekan alias Newbie Friendly namun suara yang dihasilkan akan sedikit lebih kecil dibandingkan dengan senar akustik.

Gitar Akustik Elektrik

Photo by Kelvin França : Downloaded from Pexels

Gitar Akustik Elektrik adalah Gitar Akustik Biasa yang sudah dipasangkan komponen elektrikal berupa preamp yang dapat mengubah gelombang getaran senar yang ditangkap melalui piezo elektrik dan disalurkan melalui kabel jack 6.5mm menuju ke amplifier untuk menghasilkan suara yang lebih besar.

Gitar Akustik Elektrik juga tentunya masih dapat dimainkan seperti Gitar Akustik Biasa pada umumnya, tanpa menggunakan amplifier maupun jenis loudspeaker apapun dan tetap menghasilkan suara seperti gitar akustik biasa yang tidak ada komponen elektriknya.

Hanya saja, Gitar Akustik Elektrik memiliki harga yang sedikit lebih mahal karena tentunya komponen elektrikal yang berupa Preamp memiliki harga yang berbeda-beda pula, namun pada umunya yang sering dipakai dengan kualitas standart adalah Preamp 7545r dan yang cukup bagus berupa Fishman Presys 301.

Jadi, lebih baik Anda menyiapkan kocek yang lebih dalam sebelum membeli gitar akustik elektrik, dan janganlah berharap Anda bisa mendapatkan gitar akustik elektrik dengan harga gitar akustik biasa, marilah menggunakan logika dan akal sehat yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita.

Gitar Akustik dapat menggunakan senar akustik untuk suara yang lebih besar namun lebih sakit apabila ditekan, dan juga dapat menggunakan senar untuk gitar elektrik (senar elektrik) agar lebih enak ditekan alias Newbie Friendly namun suara yang dihasilkan akan sedikit lebih kecil dibandingkan dengan senar akustik.

Gitar Elektrik

Photo by Yabee Eusebio : Downloaded from Pexels

Gitar Elektrik ini sendiri merupakan gitar yang memang harus membutuhkan amplifier agar gitar dapat menyalurkan suara yang dihasilkannya dengan jelas dan lantang. Hal ini disebabkan karena gitar elektrik tidak memiliki tabung yang berfungsi sebagai ruangan resonansi suara seperti pada gitar akustik biasa dan gitar akustik elektrik.

Gitar ini cocok untuk Anda yang ingin belajar gitar dengan aliran shredding alias nge-lead. Namun tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk belajar aliran Fingerstyle pada gitar elektrik, contohnya ada pemain gitar sekaligus Youtuber yang berasal dari Jepang yang bernama Ichika Nito yang mampu menyulap Gitar Elektrik yang biasanya identik dengan shredding, namun Ia memainkan teknik Fingestyle pada Gitar Elektrik miliknya.

Tentunya Gitar Elektrik pada umunya, harus dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan gitar akustik biasa ataupun gitar akustik elektrik. Ini dikarenakan komponen elektrikal gitar elektrik yang lebih banyak.

Gitar Elektrik hanya cocok menggunakan senar elektrik saja.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url