Pilihan Snack Sehat yang Baik untuk Mencegah Asam Lambung

Siapa pun bisa mengalami penyakit asam lambung, termasuk anak-anak. Kondisi ini dapat terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan sensasi panas di dada. Penderita asam lambung tidak disarankan makan makanan dalam jumlah besar untuk menghindari gejalanya.

Makan camilan atau snack sehat dianjurkan untuk mencegah penyakit ini. Sebaiknya, jangan sembarangan memilih camilan. Ketahui dulu jenis snack sehat  yang disarankan saat asam lambung naik agar segera membaik. 

Alih-alih makan dengan porsi banyak, penderita penyakit ini lebih disarankan makan dengan porsi kecil sebanyak tiga kali sehari dan dua kali mengkonsumsi cemilan. Dengan makan kudapan yang sehat, kamu bisa mengurangi keinginan makan berlebih.

Penasaran cemilan sehat apa saja yang baik untuk mencegah asam lambung? Simak daftarnya di bawah ini!

Snack Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Sumber foto: Google

Mengkonsumsi camilan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit asam lambung kambuh. Tetapi, jangan asal memilih ya! Pilih cemilan sehat untuk meredakan dan mengatasi gejala asam lambung naik. Seperti beberapa cemilan berikut ini:

  1. Buah

Siapa bilang kalau penderita asam lambung tidak boleh makan buah-buahan? Buah merupakan cemilan sehat yang aman bagi pengidap penyakit ini. Tapi, hindari buah-buahan sitrus karena memiliki rasa asam.

Pilihan buah yang aman adalah semangka, melon hingga pisang. Ketiga jenis buah ini rendah asam sehingga tidak menyebabkan asam lambung naik. Kandungan serat yang cukup tinggi pada piang mampu memperkuat sistem pencernaan.

  1. Sayuran Hijau

Penderita asam lambung bisa mengkonsumsi sayuran hijau, seperti brokoli atau kale sebagai snack sehat saat penyakit ini kambuh. Kamu bisa mengukusnya atau menjadikan kedua jenis sayur ini sebagai salad.

Kandungan alkali di dalam sayuran hijau sangat baik bagi sistem pencernaan. Selain itu, sayuran ini juga mengandung lemak dan rendah gula yang dapat membantu mengurangi risiko gejala asam lambung.

  1. Yoghurt

Yoghurt ternyata bisa membantu kamu mengurangi gejala asam lambung yang sedang naik. Kandungan probiotik di dalamnya juga dapat menaikkan kekebalan tubuh. Agar lebih sehat dan manfaat yang diberikan terasa lebih optimal, pilihlah yoghurt plain alias tanpa tambahan perasa atau gula.

  1. Jahe

Saat merasakan gejala asam lambung naik, kamu bisa mengkonsumsi jahe untuk meringankannya. Jahe mempunyai sifat anti inflamasi yang mampu menangani gangguan pencernaan. Kamu bisa mengkonsumsinya sebagai minuman maupun menambahkannya ke dalam makanan yang akan dikonsumsi.

  1. Oatmeal

Pengidap asam lambung bisa menjadikan oatmeal sebagai snack sehat. Kandungan serat yang tinggi di dalam oatmeal disebut efektif untuk mencegah perburukan gangguan asam lambung. Agar cita rasanya semakin kaya, kamu bisa mencampurnya dengan buah, tapi pastikan tidak menambahkan buah asam seperti stroberi, cranberry atau blueberry.

  1. Kacang Almond

Kandungan alkali yang cukup tinggi di dalam kacang almond diketahui mampu meringankan gejala asam lambung. Selain memiliki kandungan alkali, kacang almond juga akan serat yang diketahui dapat menurunkan gejala penyakit ini.

Itu dia cemilan sehat yang baik untuk asam lambung. Jika kamu merasakan gejala asam lambung semakin memburuk, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Khusus snack sehat oatmeal dan kacang almond, kamu bisa membelinya di website Healthy Choice. Selain kedua bahan tersebut, ada juga berbagai cemilan sehat lainnya yang praktis dibawa kemanapun dan bisa dikonsumsi kapan pun karena terbuat dari bahan-bahan pilihan yang aman bagi kesehatan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url